Jenis dan Manfaat Reksa Dana

Jenis dan Manfaat Reksa Dana – Bagi investor, reksa dana bukanlah hal baru. Reksa dana telah menjadi tempat mereka mengelola sahamnya. Namun tidak bisa dipungkiri masih banyak masyarakat awam yang belum mengetahui apa itu reksa dana. Untuk itu akan dijelaskan lebih detail di bawah ini.

Jenis Reksa Dana

Dalam Reksa Dana ini disebutkan terdiri dari berbagai macam saham. Di sini terdapat platform dan pola pengelolaan dana atau modal dari berbagai investor atas investasi yang disediakan di pasar modal melalui pembelian di reksa dana.

Dana yang dikumpulkan dan dikelola dalam reksa dana ini dapat berupa saham, pasar uang, obligasi, atau surat berharga lainnya. Saham dalam reksa dana tertutup ini hanya dapat diperdagangkan melalui bursa dengan harga yang lebih rendah atau lebih rendah dari nilai aset.

Reksa dana saham

Untuk masuk dalam reksa dana jenis ini, paling sedikit 80% dari dana yang dikelolanya berbentuk saham (surat berharga bersifat ekuitas 0. Potensi surat berharga saham yang memberikan imbal hasil lebih tinggi berupa capital gain karena pertumbuhan yang terjadi pada dividen dan harga saham membuat reksa dana ini memiliki keunggulan.

Reksa dana campuran

Reksa dana ini dilakukan dengan cara berinvestasi di dua bursa efek sekaligus, efek utang dan efek ekuitas. Perbandingan keduanya tidak termasuk dalam reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana saham.

Reksa dana pendapatan tetap

Reksa dana pendapatan tetap juga harus menginvestasikan setidaknya 80% dari dana yang dikelola ke bursa efek utang. Bedanya, keuntungan yang diperoleh tidak lebih tinggi dari keuntungan yang diperoleh pada reksa dana campuran dan saham.

Reksa dana pasar uang

Reksa dana pasar uang ini memiliki atau memberikan risiko imbal hasil yang paling rendah, tetapi juga dengan kemungkinan imbal hasil atau return yang terbatas. Setidaknya 80% reksa dana pasar uang dikelola dalam bentuk surat berharga, yaitu surat utang dengan jangka waktu kurang dari satu tahun.

Reksa dana indeks

Sebagian besar dana dikelola secara pasif, artinya reksa dana ini tidak diperdagangkan di bursa, kecuali jika ada penebusan atau langganan baru.

Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Reksa Dana

Munculnya sesuatu tentunya memiliki kegunaan yang dapat dipercaya orang untuk digunakan. Secara umum keuntungan yang dapat diperoleh investor dan dapat menarik minat investor untuk berinvestasi di reksa dana antara lain sebagai berikut:

Pengelolaan reksa dana profesional

Dana yang telah ditanamkan oleh investor akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) serta pihak yang ahli dalam pengelolaan dan umumnya memiliki waktu yang terbatas.

Diversifikasi investasi

Verifikasi investasi ini dilakukan untuk meminimalkan risiko terwujudnya suatu portofolio.

Pengelolaan dana yang transparan

Setiap pertengahan tahun, reksa dana akan menerbitkan nilai aset bersih agar investor juga bisa memantau perkembangannya.

Likuiditas tinggi

Untuk memudahkan investor dalam mengelola kasnya, investor akan menarik unit penyertaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Biaya rendah

Sekelompok investor yang akan dikelola secara profesional sesuai dengan kemampuan berinvestasi akan menciptakan efisiensi biaya transaksi.

Resiko rendah

Risiko kerugian tidak akan pernah bisa dihilangkan saat melakukan investasi. Dengan itu, meskipun reksa dana tidak dapat menghilangkan semua risiko kerugian, reksa dana dapat meminimalkan risiko ini.

Setelah mengetahui banyak hal tentang pengertian reksa dana, mulai dari pengertian, jenis, ciri dan karakteristik serta keuntungan yang akan didapat ketika berinvestasi reksa dana. Apakah Anda masih bingung atau ragu untuk berinvestasi di reksa dana?

Demikian pembahasan mengenai jenis dan manfaat Reksa Dana, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 PT KREASIK KARYA MEDIATAMA | Kreasik Network