Cara Investasi Reksa dana yang Mudah dan Menguntungkan

Cara Investasi Reksadana yang Mudah dan Menguntungkan – Menabung dalam bentuk investasi kini telah menjadi tren di kalangan anak muda. Selain emas, deposito, dan properti, reksa dana merupakan bentuk investasi yang direkomendasikan.

Salah satu alasannya adalah karena investasi reksa dana relatif mudah, namun menguntungkan. Namun, dibandingkan dengan bentuk investasi lainnya, jangkauan investasi reksa dana di kalangan anak muda masih relatif rendah.

Jadi, bagaimana uang ini bisa menguntungkan Anda?

Melalui dukungan staf manajemen investasi profesional yang terdiri dari Komite Investasi dan Tim Pengelola Investasi, uang Anda akan diinvestasikan dalam portofolio efek. Dari sinilah manfaat yang akan Anda rasakan.

Jenis Reksa Dana

Dalam berinvestasi reksa dana, ada beberapa jenis reksa dana yang bisa Anda pilih. Setiap jenis memiliki cara kerja, aturan, dan risiko serta manfaat yang berbeda. Apa dan bagaimana masing-masing jenis reksa dana tersebut? Berikut penjelasannya.

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang jenis ini sangat direkomendasikan untuk pemula karena risikonya kecil sehingga cukup aman.

Berita Terkait :  Pandemi, semakin banyak peminat hunian di luar Jabodetabek

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Dengan cara ini, keuntungan yang akan Anda dapatkan cukup menarik, lebih dari 10% per tahun. Reksa dana pendapatan tetap disebut juga dengan reksa dana proteksi.

Reksa Dana Campuran

Reksa dana jenis ini tidak direkomendasikan untuk pemula. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan peraturan yang merupakan campuran dari jenis reksa dana lainnya, sehingga risiko berinvestasi di reksa dana campuran ini sangat tinggi.

Reksa Dana Indeks

Sama halnya dengan saham, reksa dana indeks dapat diperdagangkan di bursa ITF (Exchange Trade Fund) dengan harga yang fluktuatif. Reksa dana ini memiliki indeks yang dikelola secara pasif tanpa melakukan transaksi jual beli di lantai bursa.

Reksa Dana Saham

Ini adalah jenis investasi reksa dana yang memberikan imbal hasil tertinggi. Dalam investasi saham, uang dari investor ditempatkan ke dalam instrumen saham untuk memberikan pengembalian yang tinggi dengan memanfaatkan pasar modal Indonesia. Namun, jika Anda memilih reksa dana saham, Anda juga harus siap menanggung risiko yang cukup besar.

Bagaimana Memulai Investasi Reksa Dana

Anda perlu mengetahui cara berinvestasi reksa dana yang mudah dan menguntungkan bagi pemula. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diambil ketika Anda memutuskan untuk mulai berinvestasi di reksa dana.

Berita Terkait :  5 alasan mengapa harus pilih iPhone 11!

Pilih Platform Investasi

Langkah pertama untuk mulai berinvestasi di reksa dana adalah memutuskan platform investasi mana yang akan digunakan. Kebanyakan orang membeli reksa dana melalui bank yang sudah memiliki kerjasama dengan manajer investasi. Biaya akan langsung dipotong dari tabungan Anda.

Penetapan Jangka Waktu Investasi dan Jenis Reksa Dana

Jangka waktu investasi reksa dana bervariasi, mulai dari kurang dari 1 tahun, 1-3 tahun, 3-5 tahun, dan lebih dari 5 tahun. Pemilihan jangka waktu investasi menjadi penting karena akan menentukan jenis reksa dana yang harus dipilih.

Mempelajari Prospektus Reksa Dana

Prospektus reksa dana adalah panduan investasi yang berisi semua informasi yang perlu Anda ketahui tentang investasi reksa dana. Prospektus memuat informasi mengenai perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, biaya investasi, dan tata cara pembelian dan penjualan reksa dana.

Berinvestasi Secara Konsisten

Jangan lupa untuk mencari informasi mengenai biaya yang dikenakan untuk produk reksa dana yang Anda pilih. Anda bisa mencarinya di internet atau bertanya langsung ke manajer investasi yang menjualnya.

Demikian pembahasan mengenai cara investasi reksa dana yang mudah, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 PT KREASIK KARYA MEDIATAMA | Kreasik Network