Pahami Dulu Berbagai Jenis Saham Sebelum Mulai Investasi

Dian Hadi Saputra

Pahami Dulu Berbagai Jenis Saham Sebelum Mulai Investasi

Pahami Dulu Berbagai Jenis Saham Sebelum Mulai Investasi – Ada banyak alasan mengapa banyak orang lebih memilih berinvestasi di saham. Misalnya karena modal yang cukup rendah, praktis, dan bisa dilakukan dimana saja. Untuk berinvestasi saham, Anda tidak perlu lagi datang ke kantor saham. Pasalnya, dengan era digital yang semakin canggih, akhirnya banyak bermunculan aplikasi atau program untuk bertransaksi saham.

Nah, sebelum Anda mulai mencoba untuk mulai berinvestasi, Anda perlu mengetahui pengertian dari jenis-jenis saham terlebih dahulu. Apa Itu Saham? Saham adalah surat berharga yang mewakili kepemilikan sebagian kecil perusahaan.

Ada beberapa keuntungan berinvestasi saham. Diantaranya adalah:

Dividen

Dividen adalah bagi hasil yang diberikan perusahaan kepada investor dari keuntungan perusahaan. Dividen yang diberikan kepada investor dapat berupa uang tunai atau dalam bentuk dividen saham.

Keuntungan Modal

Contoh: A membeli saham suatu perusahaan dengan modal Rp. 3.000 per saham dan dia menjualnya seharga Rp. 3.500 per saham. Keuntungan Rp500 bisa dikatakan capital gain.

Berita Terkait :  Tips Mengambil Rumah KPR: Panduan Lengkap Bagi Calon Pemilik Rumah

Risiko likuidasi

Suatu keadaan dimana suatu perusahaan dinyatakan pailit oleh pengadilan atau perusahaan tersebut dibubarkan. Namun, jika tidak ada sisa kekayaan perseroan, pemegang saham tidak akan menerima hasil likuidasi. Kondisi ini merupakan risiko terberat bagi pemegang saham.

Berbagai Jenis Stok

Ternyata saham tersebut terbagi menjadi beberapa jenis. Untuk itu, mari kita cari tahu apa saja jenis saham dan mana yang terbaik untuk mulai berinvestasi.

Jenis saham berdasarkan klaim

Saham biasa (common stock)

Ada plus minusnya berinvestasi di saham biasa. Dilansir dari Financial Web, berikut beberapa kelebihan saham biasa:

  • Memiliki potensi untuk memberikan keuntungan terbesar dibandingkan dengan investasi lainnya
  • Potensi kerugian cenderung terbatas pada jumlah investasi pertama
  • Mudah untuk menjual dan membeli
  • Perusahaan yang lebih transparan
  • Memungkinkan untuk diversifikasi bisnis

Saham preferen

Saham preferen adalah jenis saham yang mengutamakan pemegangnya. Pilihan prioritas yang dapat diperoleh pemegang saham tersebut antara lain:

  • Berhak didahulukan dalam hal pembayaran dividen
  • Hak untuk menukarkan saham preferen yang dimilikinya dengan saham biasa
  • Mendapatkan prioritas pengembalian modal jika perusahaan dilikuidasi
Berita Terkait :  Ini jurus WIKA dukung sektor jasa konstruksi nasional

Mengapa? Pasalnya, saham ini bisa menghasilkan pendapatan tetap seperti bunga obligasi, tapi juga tidak bisa menghasilkan bunga tetap. Dengan demikian, secara praktis saham preferen dipandang sebagai efek pendapatan tetap dan juga bersaing di pasar modal.

Jenis Saham Berdasarkan Cara Pemindahannya

Pada saat jual beli saham, ada beberapa cara untuk memindahkan saham dari satu investor ke investor lainnya. Jenis-jenis saham berdasarkan cara pemindahannya, antara lain:

Bagikan di acara (pembawa berbagi)

Menurut WallStreetMojo, bearer share adalah jenis saham yang tidak tertulis secara fisik atas nama pemiliknya pada saham tersebut sehingga kepemilikannya mudah dialihkan kepada investor lain. Mayoritas pemilik saham pembawa, memang bertujuan untuk memperdagangkan saham.

Meski tidak tertulis nama pemegang sahamnya, kepemilikan sahamnya tetap diakui lho! Mengapa? Pasalnya, kepemilikan saham atas unjuk diakui berdasarkan siapa investor yang memegang saham tersebut.

Saham atas nama (share terdaftar)

Berbeda dengan saham pembawa, jenis saham ini memiliki nama investor yang tertulis jelas di kertas saham dan pemindahannya juga memerlukan prosedur khusus. Bagaimana cara kerjanya? Jika surat saham itu hilang, pemegang saham dapat meminta penggantinya karena namanya telah tercatat dalam pembukuan pemegang saham. Dalam anggaran dasar juga dapat dibuat ketentuan mengenai pembatasan pemindahan hak atas saham.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dari jenis-jenis  saham, semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan:

Tags