Rilis Pers

6 Tujuan dari Media Humas Pers

Dian Hadi Saputra

Media Humas Pers

Tujuan Dari Media Humas Pers Adalah- Profesi humas tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Oleh karena itu, bagian Media Humas Pers semakin diminati karena dianggap sangat strategis dan memiliki peran penting dalam perusahaan. Ibarat gayung bersambut, kebutuhan perusahaan akan tenaga humas atau sering disebut dengan Public Relations (PR) juga semakin meningkat.

Media Humas Pers

Menurut sebuah laporan oleh The Business Research Company, pasar hubungan masyarakat global naik 10,2% pada tahun lalu. Hal ini sejalan dengan survei yang dilakukan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

Kementerian Tenaga Kerja menunjukkan bahwa tiga besar pekerjaan yang paling dibutuhkan perusahaan pasca pandemi adalah: profesional pemasaran dan hubungan masyarakat.  pekerja penjualan; dan teknisi operasi teknologi informasi.

Namun, perkembangan teknologi yang pesat, ditambah dengan situasi pandemi, mau tidak mau harus mengubah cara kerja humas. Saat ini, personel humas dituntut memiliki tiga kemampuan: kemampuan memberikan arahan dengan cepat, kemampuan beradaptasi, dan memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Maka tidak heran jika banyak perusahaan yang menekankan pada bagian Media Humas Pers agar dapat bekerja dengan cepat (agile) dan multitasking. Sebisa mungkin humas mampu berpikir kritis, berani mengambil keputusan, serta terampil dalam menerapkan strategi untuk merespon segala bentuk perubahan yang terjadi secara cepat.

Pengertian Humas

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang PR, mari kita bahas beberapa pengertiannya. Public Relations Society of America (PRSA) mengeluarkan definisi humas yang cukup spesifik. Public Relations, atau hubungan masyarakat, atau Public Relations (PR) adalah suatu kegiatan membangun strategi komunikasi untuk menjembatani hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan khalayaknya.

Berita Terkait :  BPIP dan Gubernur Aceh sepakat bumikan Pancasila di Aceh

Sementara itu, International Public Relations Association (IPRA) menyatakan, humas adalah fungsi manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki perencanaan yang matang dan berkesinambungan untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari berbagai pihak.

Dari kedua definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa humas bertujuan untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki citra yang baik dan memiliki kredibilitas yang tinggi di masyarakat. Mengapa citra perusahaan begitu penting? Menurut Harvard Business Review, dengan memiliki reputasi atau citra positif yang kuat, sebuah perusahaan atau bisnis dapat menarik audiens dengan lebih baik.

Orang tentu ingin menggunakan barang atau jasa dari perusahaan yang memiliki reputasi baik. Misalnya sebuah lembaga atau lembaga pendidikan akan berusaha semaksimal mungkin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa lembaganya adalah yang terbaik. Tujuannya untuk menarik lebih banyak orang tua agar mau menyekolahkan anaknya. Nah, tugas menyampaikan pesan kepada publik adalah peran utama bagian Media Humas Pers.

Komunikasi yang dibangun harus memiliki niat untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan antara institusi/perusahaan dengan publik. Humas dewasa ini harus mampu mengikuti arus informasi yang begitu cepat. Sehingga pemanfaatan teknologi masa kini seperti media sosial mutlak diperlukan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Apa saja tugas humas? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menjalin Hubungan dengan Publik

Bagian Media Humas Pers adalah bagian dari suatu perusahaan atau organisasi yang tugasnya menjembatani hubungan antara perusahaan dengan publiknya. Tidak hanya itu, humas juga secara rutin menjaga kualitas hubungan antara perusahaan dengan publik. Tujuannya agar tidak terjadi salah paham antara kedua belah pihak.

2. Bangun Citra Positif

Seperti dijelaskan di atas, humas bertugas membangun citra positif. Citra positif yang dibangun secara konsisten dan berkelanjutan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Akibatnya, penjualan barang atau jasa akan meningkat.

Berita Terkait :  SaaS, Software entrepreneur yang lagi tren! Ini cara kerjanya

3. Tingkatkan Eksistensi

Agar lebih maju, sebuah perusahaan harus semakin dikenal oleh masyarakat. Dengan demikian, meningkatkan eksistensi perusahaan juga merupakan salah satu tugas humas. Semakin banyak orang yang mengetahui dan membicarakan tentang keberadaan suatu perusahaan, maka produk perusahaan tersebut akan semakin dikenal.

4. Menjaga Komunikasi Internal Perusahaan

Menjaga kualitas komunikasi internal di dalam perusahaan juga menjadi tugas bagian humas. Dengan menjaga komunikasi dari dalam, maka akan terjalin komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan serta terciptanya suasana kerja yang nyaman.

Fungsi Media Humas Pers

Memantau, menganalisis, menafsirkan, dan mengantisipasi opini dan sikap publik terhadap perusahaan. Untuk megatur strategi komunikasi agar dapat mendukung kampanye atau gerakan yang dicangkan oleh perusahaan.

Menulis dan mendistribusikan Press Release atau pernyataan perusahaan. Menulis dan menulis pidato. Merencanakan dan melaksanakan acara terkait publik dan media. Menjalin dan memelihara komunikasi dengan instansi atau instansi pemerintah.

Menjaga hubungan baik dengan investor serta membangun komunikasi dengan kelompok  Keterampilan yang Harus Dimiliki Media Humas Pers Tertarik untuk mendalami peran staf humas? Berikut beberapa keterampilan atau kemampuan yang harus dimiliki untuk menjadi seorang humas yang handal.

Keterampilan Komunikasi

Ini merupakan skill utama yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama pekerja humas. Keterampilan komunikasi akan sangat berguna ketika ingin menyampaikan ide atau gagasan, menyebarkan informasi, dan mengkoordinir pihak-pihak terkait. Keterampilan komunikasi yang dimaksud di sini juga meliputi keterampilan komunikasi verbal, keterampilan negosiasi, keterampilan presentasi, persuasi, dan keterampilan mendengarkan.

Kemampuan Membangun Hubungan

Seorang staf Media Humas Pers harus mampu membangun dan memelihara hubungan yang baik dan saling menguntungkan dengan pihak-pihak strategis. Pihak-pihak tersebut antara lain masyarakat, media, investor, pemerintah, dan lain-lain. Menjaga hubungan baik dengan pihak internal perusahaan, seperti Direksi, Manajer, dan Komisaris juga tidak boleh dilupakan.

Berita Terkait :  Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan terima kunjungan Kepala Konsulat Kedutaan Besar Republik Islam Iran

Hubungan baik dengan pihak-pihak strategis akan sangat membantu dalam bekerja sebagai humas. Misalnya, sebuah perusahaan sedang mengalami krisis komunikasi. Karena memiliki hubungan baik dengan media, Humas perusahaan dapat meminta bantuan media untuk membantu menyebarkan klarifikasi berita dan update perkembangan krisis.

Kemampuan Manajemen Krisis

Situasi krisis dalam sebuah perusahaan bisa datang kapan saja. Ketika krisis terjadi, berita akan menyebar dengan cepat. Akibatnya, humas akan dihujani pertanyaan oleh banyak media.

Dalam kondisi ini, humas harus bertugas menganalisis situasi, menyiapkan skenario, dan menyusun laporan pers. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan berbagai pertanyaan ketika berhadapan dengan media. Humas juga berperan penting dalam merespon berita negatif dengan menciptakan dan menyebarkan berita positif.

Kemampuan Manajemen Waktu

Para pekerja humas akan menjalani berbagai aktivitas, baik di kantor maupun di lapangan. Oleh karena itu, memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik sangat penting agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

Kemampuan Menulis

Dalam buku Manajemen Humas karya Rhenald Kasali, 70% aktivitas kehumasan adalah menulis. Dengan demikian, kemampuan menulis harus dimiliki oleh seorang humas. Format tulisan yang akan disampaikan ke publik sangat beragam. Mulai dari berita pers, artikel blog, konten media sosial, hasil penelitian, dan lain-lain. Seorang humas yang baik tentunya akan memastikan bahwa pesan atau informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh khalayak dan tidak menimbulkan salah persepsi.

Kesimpulan

Bagian atau divisi kehumasan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan atau organisasi. Dengan divisi ini, perusahaan dapat membangun citra positif. Citra positif ini sangat diperlukan untuk kemajuan suatu perusahaan agar hasil produksinya dikonsumsi atau digunakan oleh konsumen.

Media Humas Pers juga merupakan salah satu aspek agar suatu bisnis dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan. Salah satu fitur majoo yang dapat membantu menjalankan rencana dan strategi kehumasan adalah fitur CRM (Customer Relationship Manager).

Demikian penjelasan dari saya tentang tujuan dari Media Humas Pers semoga bermanfaat, terimakasih.

Tags

Bagikan:

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.