Humaniora: Pemprov Bali dirikan 4 posko kesehatan selama upacara di Pura Besakih

Lely

Humaniora: Pemprov Bali dirikan 4 posko kesehatan selama upacara di Pura Besakih

Masing-masing sesi jaga terdapat empat orang yang terdiri dari satu orang dokter, dua orang perawat, dan satu orang supir, dilengkapi dengan transportasi ambulans

Denpasar (PRESSRELEASE.CO.ID) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali menyebut terdapat empat posko kesehatan yang dibentuk untuk melayani umat Hindu yang bersembahyang maupun pengunjung selama upacara Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Karangasem.

Empat posko tersebut berada di area pura sesuai namanya seperti Posko Kedungdung terpadu dengan Dinas Kominfo dan Dinas Perhubungan, Posko Manik Mas di Pustu tak jauh dari pusat komando, Posko Bencingah di ruko yang disiapkan oleh panitia, dan Posko Perantenan suci Besakih.

Berita Terkait :  Humaniora: Pemkot Tasikmalaya siapkan tim kesehatan imunisasi polio 51 ribu anak

“Untuk Posko Manik Mas sekaligus bergabung dengan command center (pusat komando), petugasnya 24 jam ditangani oleh Dinas Kesehatan Karangasem,” kata Kepala Dinkes Bali Nyoman Gede Anom dalam keterangannya di Denpasar, Rabu.

Terdapat lebih dari 700 tenaga kesehatan yang disiapkan untuk mengantisipasi kondisi saat upacara Ida Bhatara Turun Kabeh yang akan didatangi masyarakat selama 21 hari penuh pada 5 April-26 April 2023.

Adapun pembagian sesi untuk mendapat pelayanan saat berada di Pura Agung Besakih dibagi menjadi tiga yaitu sesi pertama pukul 8.00-15.00 WITA, sesi kedua 15.00-21.00 WITA, dan khusus di Posko Manik Mas tambahan sesi tiga dari pukul 21.00-8.00 WITA.

Berita Terkait :  Humaniora: Perumda NKR Tangerang bantah surat edaran minta THR

“Masing-masing sesi jaga terdapat empat orang yang terdiri dari satu orang dokter, dua orang perawat, dan satu orang supir, dilengkapi dengan transportasi ambulans,” jelas Anom.

Ia mengatakan  untuk obat-obatan di posko kesehatan akan disediakan oleh masing-masing tim, baik obat darurat maupun tidak, pun juga terdapat oksigen statis khusus di Posko Bencingah dan Posko Perantenan.

Untuk antisipasi pihaknya telah memetakan rumah sakit rujukan dengan jarak tak jauh dari Pura Agung Besakih yaitu RSU Bintang, RSU Permata Hati Klungkung, RSU BaliMed Karangasem, RSUD Sanjiwani Gianyar, dan RSUD Karangasem.

Sumber: Antara.

Bagikan:

Tags