Peraturan Pemerintah

PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa Pasal 57-67

Dian Hadi Saputra

Pasal 57-67 PP Nomor 11 Tahun 2021 - PressRelease
a.      perhitungan  tahunan  yang terdiri  atas  laporan posisi keuangan akhir tahun  buku yang baru berakhir  dan  perhitungan  laba  rugi  dari  tahun buku. yang bersangkutan  serta penjelasannya; b.      laporan     posisi     keuangan    dan    perhitungan laporan   laba  rugi  konsoldasi   dari  Unit   Usaha BUM Desa/BUM  Desa  bersama; c.     laporan mengenai keadaan dan jalannya BUM Desa/BUM  Desa bersama  serta  hasil yang telah dicapai; d.      kegiatan utama  BUM  Desa/BUM  Desa  bersama dan perubahan selama tahun buku; e.       rincian masalah yang timbul  selama tahun buku yang   memengaruhi   kegiatan   BUM   Desa/BUM Desa bersama;  dan f.       laporan      mengenai      tugs     ‘pengurusan      oleh pelaksana  operasional,  pengawasan  oleh pengawas, dan pemberian nasihat oleh  penasihet yang   toiah   dilaksanakan   selama  tahun   buku yang baru berakhir. (7)     Selain  laporan  berkala  sebagaimana  dimaksua  pada ayat (l),  pelaksana  operasional  sewaktu-waktu  dapat memberikan  laporan  khusus  kepada  pengawas dan/atau     Musyawarah     Desa/Musyawarah     Antar Desa.

Pasal  59

Hasil Musyawarah  Dcsa da.n/ atau Musyawarah  Antar Desa sebagaimana dimaksud dalam  Pasal  58  ayat (5) dipublikasikan  melalui  alat  media  massa  dan penyebaran informasi publik yang mudah diakses masyarakat Desa. Musyawarah  Desa sebagaimana  dimaksud  pada  ayat ( l)  memutuskan  penerimaan  laporan  tahunan  BUM Desa/BUM   Desa  bersama   sebagaimana   dimaksud dalam     Pasal     58     ayat    (5)     serta    memutuskan penggunaan    hasil   Usaha   BUM    Desa/BUM    Desa bersama yang menjadi bagian  Desa. Penerimaan laporan tahunan BUM Desa/BUM Desa bersama oleh Musyawarah Desa/Musyawarah Antar Desa  membebaskan  tanggung jawab  penasihat, pelaksana   operasional,   dan   pengawas   atas pelaksanaan  tugas dan wewenang dalam tahun  buku yang berakhir. BAB XI PEMBAGIAN HASIL  USAHA

Pasal 60

(1)    Hasil    Usaha     BUM     Desa/BUM     Desa    bersama merupakan pendapatan yang diperoleh dari hasil kegiatan  usaha dikurangi  dengan  pengeluaran  biaya dalam l  (satu)  tanun buku. (2)     Pembagian    hasil    Usaha    BUM     Desa/BUM     Desa bersama yang diserahkan kepada Desa menjadi pendapatan    Desa   yang   prioritas    penggunaannya dapat ditetapkan secara khusus dan disepakati dalam Musvawarah  Desa/Musyawarah   ntar  Desa. (3)   Ketentan mengenai pembagian hasil usaha BUM Desa/BUM   Desa  bersama   sebagaimana   dimaksud pada ayat  (1)  kepada masing-masing penyerta modal diatur  dalam Anggaran  Dasar  BUM  Desa/BUM  Desa bersama. BAB XII KERUGIAN

Pasal  61

( 1)       Terhadap  laporan   keuangan  BUM   Desa/ BUM   Desa bersama      dilakukan         pemeriksaan/ audit      oleh pengawas. (2)  Pelaksanaan     pemeriksaan/audit      sebagaimana dimaksud pada ayat (l) dapat dilakukan dengan menunjuk dan meminta ban’tuan  auditor independen. (3)     Dalam  hal   terdapat   indikas   kesalahan   dan/atau kelalaian dalam pengelolaan BUM Desa/BUM Desa bersama,  dapat dilakukan  audit investigatif atas perintah  Musyawarah  Desa/Musyawarah Antar Dcsa.

Pasal 62

(1)   Dalam hal  hasil  pemeriksaan/audit  sebagaimana dimaksud dalam  Pasal  6l menemukan kerugian  BUM Desa/BUM Desa bersama, penasihat, pelaksana operasional,   dan/ atau pengawas bertanggung jawab penuh  secara pribadi atas kerugian  BUM  Desa/BUM Desa bersama. (2)     Penasihal,         pelaksana        operasional,         dan/ atau pengawas tidak dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian     sebagaimana    dimaksud    pada    ayat    (1) apabila dapat membuktikan: a.      kerugian tersebut  bukan  karena  kesalahan  atau kelalaiannya; b.      telah ·         melakukan    wewenang    dan    tugasnya dengan iktikad baik dan kchati-hatian untuk kepentingan   dan   sesuai   dengan   maksud   dan tujuan BUM Desa/BUM  Desa bersama dan/atau berdasarkan keputusan Musyawarah Desa/Musyawarah  Antar  Desa; c.       tidak   mempunyai   benturan   kepentingan   baik langsung  maupun tidak  langsung  atas tindakan yang mengakibatkan kerugian;  dan d.      telah   mengambii    tindakan    untuk   mencegah timbul atau berlanjutnya  kerugian tersebut. (3)    Dalam hal kerugian BUM Desa/BUM Desa bersama diakibatkan  oleh   unsur  kesengajaan atau  kelalaian penasihat,   pelaksana    operasional,    dan/atau pengawas sebagaimana dimaksud pada ayat (1)  maka Musyawarah    Desa/Musyawarah    Antar    Desa membahas  dan   memutuskan   bentuk pertaiggungjawaban yang harus dilaksanakan oleh penasihat,    pelaksana   operasional,   dan/atau pengawas berdasarkan semangat kekeluargaan dear kegotongroyongan. (4)     Dalam     hal      penasihat,      pelaksana      operasionai, dan/atau  pengawas tidak  menunjukkan iktikad  baik melaksanakan pertanggungjawaban sebagaimana dimaksud pada ayat (3), maka Musyawarah Desa/Musyawarah Antar Desa memutuskan untuk menyelesaikan kerugian secara proses hukum.

Pasal  63

(1)      Dalam   hal    hasil    pemeriksaan/audit    sebagaimana dimaksud   dalam   Pasal    61     menemukan   kerugan murni  sebagai  kegagalan usaha dan tidak  disebabka unsur      kesengajaan     atau     kelalaian     penasihat, pelaksana operasional,  dan/atau  pengawas,  kerugian diakui  sebagai  beban BUM Desa/BUM  Desa bersama. (2)     Dalam     hal      BUM      Desa/BUM      Desa     bersama sebagaimana dimaksud pada ayat(1) tidak dapat menutupi kerugian dengan aset dan kekayaan yang dimiiikinya, maka pernyataan dan akibat kerugian, dibahas  dan diputuskan  melalui  Musyawarah  Desa/ Musyawarah  Antar Desa. (3)     Berdasarkan   hasil    Musyawarah   Desa/Musyawarah Antar   Desa    sebagaimana  dimaksud   pada  ayat   (2) dapat diambil  pilihan kebijakan: a.      dalam   hal  BUM  Desa/BUM  Desa bersama  tidak memiliki kreditur, Aset BUM Desa/BUM Desa bersama  dikembalikan  kepada  penyerta  modal dan dilakukan penghentian kegiatan Usaha BUM Desa/ BUM Desa bersama; b.       mengajukan       permohonan pengadilan niaga; pailit       kepada c.       merestrukturisasi    keuangan   BUM    Desa/ BUM Desa bersama; d.      menutup scbagian  Usaha BUM  Desa/BUM  Desa bersama, serta melakukan reorganisasi BUM Desa/BUM  Desa bersama;  dan e.       kebijakan      lain      yang     sesuai      berdasarkan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan. BAB XIII PENGHENTIAN  KECIATAN USAHA BUM DFSA/BUM  DESA  BERSAMA

Pasal 64

(1)     Penghentian  kegiatan  Usaha  BUM   Dcsa/BUM   Desa bersama merupakan penghentian selruh kegiatan operasional BUM  Desa/BUM  Desa bersama  termasuk seluruh Usaha  BUM  Desa/BUM  Desa bersama  yang dimiliki karena kcadaan tertentu yang diputuskan melalui  Musyawarah  Desa/Musyawarah  Antar  Desa dan ditetapkan alam  Peraturan Desa/Peraturan Bersama Kepala Desa. (2)     Keadaan   tertentu  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat (1) meliputi: a.      mengalami  kerugian  terus  menerus  yang  tidak dapat diselamatkan; b.       mencemarkan lingkungan; c.      dinyatakan pailit;  dan d.       sebab lain yang sah. (3)     Perghentian  kegiatan  Usaha  BUM   Desa/BUM   Desa bersama  sebagaimana dimaksud  pada  ayat (1) didasarkan  pada hasil  analisis investasi  U saha BUM Desa/BUM  Desa  bersama,  penilaian  kesehatan  dan hasil  evaluasi kinetja BUM Desa/BUM  Desa bersama. (4)   Penghentian kegiatan Usaha BUM Desa/BUM Desa bersama  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat (1) dilakukan melalui penutupan  Usaha BUM Desa/BUM Desa bersama. (5)   Penghentian kegiatan Usaha BUM Desa/BUM Desa bersama  sebagaimana dimaksud  pada ayat (1) diikuti denigan   penyelesaian  seluruh   kewajiban  dan pembag.an harta atau kekayaan hasil penghentian kegiatan   Usaha   BUM    Desa/BUM    Desa   bersama kepada  masing-masing penyerta  modal  dan  kreditur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang• undangan.

Pasal  65

(1)   Dalam rangka penyelesaian seluruh kewajiban dan pembagian   harta  atau  kekayaan. hasil   penghentian kcgiatan   Usaha    BUM    Desa/BUM    Desa   bersama ditunjuk.  penyelesai   melalui   Musyawarah   Desa dan/atau  Musyawarah  Antar  Desa. (2)     Dalam hal  Musyawaran )esa  dan/atau  Musyawaran Antar Desa tidak menunjuk penyelesai,  pelaksana operasional  bertindak selaku  penyelesai. (3)     Penyelesai    sebagaimana   dimaksud   pada   ayat   (1) ditetapkan dalam keputusan  pcnasihat. (4)     Selama proses  penyelesaian,   BUM  Desa/BUM   Desa bersama t<tap  ada dengan sebutan  BUM  Desa/BUM Lesa bersama dalam penyelesaian.

Pasal 66

Penyelesaian   mempunyai    hak,   wewenang,    dan   kewajiban sebagai  berikut: a.      melakukan  segala perbuatan  hukum  untuk  dan atas nama BUM Desa/BUM Desa bersama dalam penyelesaian; b.       mengumpu!kan  segala ketcrangan yang diperlukan; c.       mengundang pelaksana operasional  SUM  Desa/BUM Desa bersama, baik sendiri-sendiri maupun bersama• sama; d.      memperoleh,   memeriksa,   dan  menggunakan  segala catatan dan arsip BUM Desa/BUM  Desa bersama; e.    menetapkan dan melaksanakan segala kewajiban pembayaran    yang     didahulukan   dari    pembayaran utang lainnya; f.     menggunakan sisa kekayaan BUM Desa/BUM Desa bersama  untuk  menyelesaikan sisa ‘kewajiban  BUM Desa/BUM  Desa  bersama; g.      membagikan sisa hasil penyclesaian kepada penyerta rriodal;  dan h.       membuat berita  acara peryelesaian.

Pasal 67

( 1)         Penyelesaian     dilaksanakan      setelah     dikeluarkan keputusan penghentian  kegiatan  Usaha  BUM Desa/BUM Desa bersama oleh  Musyawarah Desa/Musyawarah  Antar  Desa. (2)      Penyelesai   bertanggung jawab  kepada  Musyawarah Desa/Musyawarah  Antar Desa.

Tags

Bagikan:

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.