Public Relations

Apa Itu Public Relation ?

Dian Hadi Saputra

Apa Itu Public Relation

Apa Itu Public Relation– Public relation adalah suatu usaha yang dijalankan atau direncanakan secara terus menerus sehingga tercipta timbal balik dalam organisasi dan juga masyarakat.

Sebuah perusahaan sangat membutuhkan public relation agar tercipta hubungan yang baik dalam komunikasi yang tentunya menguntungkan kedua belah pihak. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan apa itu Public Relation secara lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya dengan baik dibawah ini.

Pengertian Public relation

Public relation merupakan salah satu fungsi yang ada dalam manajemen yang bertindak sebagai perantara antara perusahaan atau organisasi dengan publiknya. Public relation adalah untuk membantu sebuah perusahaan, organisasi atau institusi untuk bekerja sama dengan baik.

Dengan adanya public relation ini dapat tercipta hubungan komunikasi yang baik yang dapat menguntungkan pihak-pihak yang berkomunikasi. Tanpa keterlibatan public relation yang baik, organisasi atau perusahaan tidak dapat bertahan lama atau tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, peran public relation sangat penting dan harus benar-benar menjadi perhatian.

Definisi Public Relation

Definisi umum dari public relation adalah interaksi yang dilakukan oleh dua pihak yang kemudian akan menciptakan keuntungan bagi kedua belah pihak yang terlibat. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kepublic relationan ini, seperti membentuk harapan dan harapan yang baik, rasa percaya satu sama lain, dan juga akan memotivasi untuk dapat berpartisipasi dalam hubungan masyarakat.

Public relation

Public relation adalah suatu usaha yang dilakukan secara individu atau kelompok dan dilakukan secara teratur dan terencana untuk membangun dan memelihara hubungan timbal balik antara suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang terkait dengan lembaga tersebut.

Dengan kata lain, public relation adalah suatu proses, tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara teratur dengan tujuan untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan pihak eksternal yang masih terkait dengan perusahaan. Misalnya, klien, mitra bisnis, pelanggan, investor dan sebagainya.

Arti Public Relation

Public relation adalah interaksi yang dapat menghasilkan opini publik sebagai masukan yang bermanfaat bagi pihak-pihak yang terlibat dan public relation merupakan profesi profesional di bidangnya.  Ada juga yang mengatakan bahwa public relation adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan citra publik yang baik dengan mengadakan kegiatan-kegiatan baru yang bermanfaat dan menarik bagi perusahaan lain atau orang-orang yang berkepentingan dengan bisnis perusahaan anda.

Fungsi public relation

Hal ini menunjukkan bahwa tugas public relation dan fungsi public relation sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Lalu, apa fungsi public relation menurut para ahli? Fungsi public relation menurut Rosady Ruslan adalah menciptakan citra perusahaan yang baik dan positif bagi publik eksternal, masyarakat dan konsumen.

Menurut Jefkins public relation ini berfungsi agar dapat meningkatkan suatu kemampuan serta ketahanan perusahaan dari persaingan dengan kompetitor lain. Dari penjelasan tersebut, Jefkins juga berpendapat bahwa ruang lingkup public relation sangat luas.

Cara Agar Dapat Memaksimalkan Fungsi Public Relation

Pada artikel kali ini, akan dibahas bagaimana sebuah perusahaan dapat memaksimalkan fungsi public relation yang ada sehingga citra positif perusahaan akan semakin tersebar luas di antara perusahaan lain, maupun di kalangan non-perusahaan sekalipun. Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan fungsi public relation adalah memahami dasar-dasar public relation.

Public relation adalah suatu usaha yang dilakukan secara individu atau kelompok dan dilakukan secara teratur dan terencana untuk membangun dan memelihara hubungan timbal balik antara suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang terkait dengan lembaga tersebut.

Dengan kata lain, public relation adalah suatu proses, tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara teratur dengan tujuan untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan pihak eksternal yang masih terkait dengan perusahaan. Misalnya, klien, mitra bisnis, pelanggan, investor dan sebagainya.

Apa pengertian public relation menurut para ahli? Menurut Maria, public relation adalah interaksi yang dapat menghasilkan opini publik sebagai masukan yang bermanfaat bagi pihak-pihak yang terlibat dan public relation merupakan profesi profesional di bidangnya.

Sedangkan menurut Jefkins, public relation adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan citra publik yang baik dengan mengadakan kegiatan-kegiatan baru yang bermanfaat dan menarik bagi perusahaan lain atau orang-orang yang berkepentingan dengan bisnis perusahaan anda.

Hal ini menunjukkan bahwa tugas public relation dan fungsi public relation sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Lalu, apa fungsi public relation menurut para ahli? Fungsi public relation menurut Rosady Ruslan adalah menciptakan citra perusahaan yang baik dan positif bagi publik eksternal, masyarakat dan konsumen.

Namun, menurut Jefkins public relation itu memiliki fungsi agar dapat meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan melalui suatu persaingan dari kompetitor lain. Dari penjelasan tersebut, Jefkins juga berpendapat bahwa ruang lingkup public relation sangat luas.

Cara Memaksimalkan Fungsi Public relation

Pada artikel kali ini, akan dibahas bagaimana sebuah perusahaan dapat memaksimalkan fungsi public relation yang ada sehingga citra positif perusahaan akan semakin tersebar luas di antara perusahaan lain, maupun di kalangan non-perusahaan sekalipun. Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan fungsi public relation adalah memahami dasar-dasar public relation.

Definisi Public relation Menurut Para Ahli

Menurut Crystallizing Public Relations adalah suatu proses interaksi dimana public relation menciptakan opini publik sebagai masukan yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, bertujuan untuk menanamkan niat baik, kepercayaan saling pengertian, dan citra yang baik dari publik.

Menurut Widjaja,2001 : Opini Publik menyatakan bahwa public relation adalah profesi yang berhubungan dengan hubungan antara perusahaan dan publiknya yang menentukan kehidupan perusahaan.

Menurut John E.Marston : Public relation adalah fungsi manajemen khusus yang mendukung terbentuknya saling pengertian dalam komunikasi, pemahaman, penerimaan dan kerjasama antara suatu organisasi dengan publiknya.

Menurut Robert T.Relly: PR adalah seni dan ilmu sosial dalam menganalisis tren, memprediksi konsekuensinya, menasihati pemimpin organisasi, dan menerapkan tindakan terencana yang melayani kepentingan organisasi dan publik. Dan Menurut IPRA: Public relation merupakan kegiatan saling pengertian untuk mendapatkan sisi positif atau citra yang baik dari masyarakat.

Menurut IPR atau Lembaga Public relation: PR adalah praktik kepublic relationan yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan (continuous) dalam rangka menciptakan dan memelihara itikad baik (goodwill), serta sikap saling pengertian yang bersifat timbal balik (mutual understanding) antara suatu organisasi atau perusahaan dengan seluruh penontonnya. Menurut Sukandel (1990) dan Ardianto (II004) metode komunikasi untuk menciptakan citra positif mitra kelembagaan atas dasar kesadaran untuk menghormati kepentingan bersama.

Demikian penjelasan dari saya tentang mencari tahu apa ituPublic Relation semoga bermanfaat, terimakasih.

Bagikan:

[addtoany]

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar