Public Relations

Mengetahui Arti, Fungsi Dan Tujuan Public Speaking Adalah

Dian Hadi Saputra

Mengetahui Arti, Fungsi Dan Tujuan Public Speaking Adalah

Mengetahui Arti, Fungsi Dan Tujuan Public Speaking Adalah– Kata public speaking sudah tidak asing lagi di dengar, mungkin sering kita jumpai di berbagai iklan kursus soft skill atau bahkan saat melihat lowongan kerja. Berbicara di public speaking tidak hanya ketika Anda memberikan pidato pada kesempatan tertentu, tetapi berbicara di public speaking adalah berbicara di public speaking.

Tanpa disadari, Anda mungkin menggunakan keterampilan berbicara di public speaking pada berbagai kesempatan di tempat kerja. Seperti saat memimpin rapat, pitching, atau bahkan bercerita. Aktivitas ketika Anda berbicara dan memiliki audiens lebih dari dua orang, dapat diartikan sebagai berbicara di public speaking. Berikut arti, fungsi dan Tujuan Public Speaking.

Arti public speaking

Arti Public speaking yaitu seseorang yang melakukan komukasi dengan pembahasan tertentu di depan publik atau di depan kelompo tertentu. Biasanya seperti melakukan presentasi, pidato atau bahkan melakukan presentasi didepan client.

Tujuan Public speaking

Tujuan Public Speaking adalah keterampilan komunikasi dari salah satu jenis komunikasi lisan dengan melakukan pidato, ceramah atau presentasi. Bisa juga jenis lain dari berbicara di public speaking. Adanya keterampilan ini memiliki tujuan umum yaitu memberikan informasi, pengaruh dan juga menghibur. Keterampilan berbicara berasal dari rumpun ilmu komunikasi dimana seseorang berbicara di public speaking atau kelompok atau di depan individu dengan tujuan di atas.

Apakah Anda sering merasa kurang percaya diri saat berbicara di public speaking? Nah, Anda sebaiknya menangani ini. Pasalnya, menguasai keterampilan berbicara di public speaking memiliki segudang manfaat yang akan bermanfaat bagi Anda di dunia kerja. Nah ini salah satu Tujuan Public speaking yuk kupas tuntas

Apa Tujuan Public speaking?

Tujuan Public speaking, Jika di atas telah kami jelaskan bahwa public speaking pada umumnya bertujuan untuk memberikan informasi, pengaruh dan juga menghibur. Berikut ini adalah tujuan berbicara di depan umum secara khusus:

Pengaruh

Tujuan Public speaking pada umumnya dilakukan oleh pembicara untuk mempengaruhi audiens, baik banyak atau sedikit untuk mempengaruhi dan mengubah pikiran mereka. Apa lagi Anda yang bekerja atau wiraswasta yang sering menemui klien untuk memenuhi permintaan Anda dengan membuat mereka percaya dengan apa yang Anda katakan. Jika Anda melakukannya dengan baik, maka mereka (klien Anda) akan mempercayainya karena Anda telah berubah pikiran dengan presentasi Anda.

Memberitahukan

Selain mempengaruhi orang lain, Public juga bertujuan untuk menginformasikan sesuatu kepada khalayak banyak orang tentang sesuatu. Entah itu tentang sains atau yang lainnya. Biasanya, pembicara publik menginformasikan dua hal dalam presentasinya: Sains (Semua jenis pengetahuan), Pengumuman, Berita Penting

Menghibur

Public Speaking juga memiliki tujuan untuk menghibur audiens dengan materi yang telah disiapkan oleh pembicara. Untuk itu Anda bisa melihat banyaknya acara talk show atau komedi yang tersedia di televisi nasional yang sarat akan humor.

Bahkan ada jenis yang lebih baru saat ini yaitu Stand up Comedy. Stand Up Comedy juga termasuk membuat presentasi atau public speaking dengan tujuan menghibur. Tentu saja, melakukan stand up comedy lebih sulit daripada acara komedi dan talk show yang terdiri dari satu tim dan melakukan lelucon. Stand up comedy yang baik adalah stand up comedy yang menyajikan materi komedi dengan baik dan benar.

Memotivasi

Hal lain tentang tujuan berbicara di depan umum adalah untuk memotivasi. Seperti yang dilakukan para motivator dalam seminar tersebut. Sekarang ada juga beberapa acara televisi dengan topik motivasi dimana para motivator melakukan presentasi dengan tema-tema tertentu tentang pengembangan diri.

Mengubah

Yang terakhir adalah berubah. Artinya mengubah suasana yang tadinya tegang menjadi hangat, yang tadinya membosankan menjadi semarak dengan cerita, presentasi atau apapun dengan penyampaiannya.

Dengan memahami maksud dari semua tujuan di atas, dapat kita simpulkan bersama bahwa tujuan di atas sangat penting bagi dunia karir kita. Karena dunia kerja rata-rata, segala sesuatu dan segala sesuatu selalu berhubungan dan berinteraksi dengan manusia (klien), dan berbicara di depan umum akan membuat segalanya menjadi mudah.

Fungsi Public Speaking

Fungsi public speaking sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika ada pesta demokrasi untuk memilih calon legislatif dan kepala daerah serta kepala negara (presiden). Para calon dan calon saling menyampaikan program yang akan dilakukan jika terpilih.

Untuk meyakinkan dan mengajak pendengar pada suatu pilihan tertentu, saat menyampaikan kampanye, para kandidat menyertakan berbagai data dan fakta sehingga audiens menjadi percaya diri dalam menentukan pilihannya. Berikut ini adalah fungsi public speaking menurut dua ahli, yaitu:

Fungsi Public Speaking Menurut Aristoteles

Menurut Aristoteles dalam karyanya The Retoric, fungsi wicara adalah: Mencegah munculnya penyimpangan dan ketidakadilan. Menyampaikan instruksi jika tidak diperoleh dalam instruksi ilmiah. Menjelaskan suatu kasus sehingga dapat diketahui dari berbagai aspek. Sebagai sarana pertahanan diri.

Fungsi Public Speaking Menurut Whitman dan Bouse

Menurut Whitman dan Bouse, fungsi berbicara di depan umum adalah sebagai berikut: Menarik perhatian, Menghibur, Memberikan informasi, Ajukan pertanyaan, Fungsi pidato persuasif atau persuasive, untuk meyakinkan, Memberikan rangsangan, Beri kritik, Membentuk kesan, Peringatkan, Membangun semangat, Memberikan instruksi, Menyajikan pencarian, Pindahkan massa, Menyamarkan masalah.

Manfaat public speaking di dunia kerja

Public speaking memiliki banyak manfaat. Bayangkan berapa kali Anda harus berbicara selama di kantor. Nah, untuk memberikan ide dan menunjukkan keahlian Anda, Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik baik itu saat diskusi rutin maupun saat rapat besar.

Tanpa keterampilan berbicara di public speaking, akan sulit untuk diperhatikan oleh orang lain. Apalagi jika Anda seorang pemimpin di kantor, berbicara di public speaking akan menjadi santapan sehari-hari ketika Anda harus hadir di depan Direksi dan tim Anda. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari berbicara di public speaking seperti:

Membantu keterampilan kepemimpinan

Semakin panjang karir Anda, tentunya Anda akan menjadi seorang pemimpin dan memimpin banyak orang. Dalam kepemimpinan, Anda harus banyak berkomunikasi dan tentu saja Anda membutuhkan keterampilan berbicara di public speaking dan kepercayaan diri. Semakin Anda percaya diri, kinerja Anda juga akan meningkat dan Anda akan dengan mudah mencuri perhatian. Ini bisa menjadi keuntungan agar Anda bisa terus dipromosikan.

Tunjukkan keterampilan dan pengetahuan

Bayangkan jika Anda memiliki banyak ide di kepala Anda tetapi Anda tidak dapat mengungkapkannya. Tentu hal ini akan menjadi kerugian karena Anda kehilangan kesempatan untuk menonjolkan diri. Jadi, Anda perlu memiliki kemampuan berbicara di public speaking dan hard skill yang seimbang agar karir Anda naik.

Tunjukkan kepercayaan diri

Semakin Anda memiliki kemampuan public speaking, maka secara tidak langsung Anda juga akan melatih rasa percaya diri. Hal ini juga akan sangat berguna saat Anda mengikuti wawancara kerja atau ingin mendapatkan promosi.

Demikian penjelasan dari saya tentang tujuan public speaking adalah semoga bermanfaat, terimakasih.

Bagikan:

[addtoany]

Artikel Terkait

Satu pemikiran pada “Mengetahui Arti, Fungsi Dan Tujuan Public Speaking Adalah”

Tinggalkan komentar