Rilis Pers

Mengapa, Public Relation Disebut Sebagai Proses Interaksi ?

Dian Hadi Saputra

Mengapa Public Relation Disebut Sebagai Proses Interaksi

Mengapa Public Relation Disebut Sebagai Proses Interaksi- Alasan Public Relation Disebut Proses Interaksi karena PR menciptakan opini publik yang menguntungkan kedua belah pihak. Mungkin Anda tahu apa itu Public Relation? Public Relation adalah suatu usaha yang dilakukan secara individu atau kelompok dan dilakukan secara teratur dan terencana untuk membangun dan memelihara hubungan timbal balik .

Antara suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang terkait dengan lembaga tersebut. Dengan kata lain, Public Relation adalah suatu proses, tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara teratur dengan tujuan untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan pihak eksternal yang masih terkait dengan perusahaan. Misalnya, klien, mitra bisnis, pelanggan, investor dan sebagainya.

Dasar-dasar Public relation

Public Relation merupakan platform penting agar masyarakat dapat mengetahui pencapaian suatu organisasi atau perusahaan. Penyebaran berita ini dikemas dalam bentuk interaksi, komunikasi atau hubungan antara perusahaan yang bersangkutan dengan perusahaan lain yang memiliki kepentingan yang sama.

Agar public relationyang diciptakan oleh suatu perusahaan dapat diterima dan dikenal oleh banyak orang, tidak jarang mereka mulai mencari taktik dari SEO (Search Engine Optimization), agar dapat menghasilkan artikel, informasi, pesan dan berita yang menempati posisi teratas di Google.

Karyawan yang bekerja di bidang Public Relation perlu berkreasi sekreatif mungkin agar khalayak, target konsumen atau bahkan pelanggan akan menyukai dan tertarik dengan semua produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Selain itu, hal ini berkaitan dengan manfaat paling penting dari Public Relation yaitu dapat mendorong banyak orang untuk ingin mengenal perusahaan kita lebih dalam dan lebih baik. Jika hal ini tercapai dengan baik, maka hal ini menunjukkan bahwa Public Relation telah membawa unsur keberhasilan bagi perusahaan.

Berita Terkait :  Hadapi musim tanam, stok pupuk subsidi Jawa Barat 342% dari ketentuan

Fungsi kePublic Relationan yang berjalan seoptimal mungkin akan berjalan secepat bahan bakar jet, sehingga nama perusahaan akan melejit dalam waktu singkat. Jadi, bisa dibayangkan jika Public Relation tidak menjalankan fungsinya dengan serius, tentu perusahaan akan kesulitan menjadi perusahaan yang dikenal di kalangan klien, pelanggan, mitra bisnis, dan masyarakat luas.

Harus diakui, tidak mudah bagi Public Relation untuk membangun citra positif yang luar biasa di mata banyak orang. Untuk mencapai hal ini, Public Relation membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membuat konten yang unik dan kreatif untuk situs web atau blog perusahaan, menarik jutaan pembaca setiap bulan. Selain itu, Public Relation juga harus bekerja lebih keras dan lebih kreatif agar konten, informasi dan pesan yang mereka sampaikan tidak tersaingi oleh kompetitor.

Maksimalkan Fungsi Public Relation

Biasanya karyawan di bidang Public Relation akan fokus membuat iklan yang bisa mengangkat nama baik perusahaannya. Namun, publik atau publik akan lebih percaya pada apa yang dimuat dalam berita, informasi, atau konten formal.

Bagi kebanyakan orang, iklan hanyalah sebuah bentuk promosi yang menciptakan citra perusahaan yang positif. Padahal, citra perusahaan belum tentu sama dengan yang disampaikan melalui iklan. Dilansir dari website pengusaha dot com, ada dua hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan fungsi Public Relation, keduanya fokus pada konten bukan hanya iklan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Tulis Konten Inspiratif

Seperti yang telah kita bahas secara singkat di atas bahwa konten akan menarik perhatian lebih banyak orang daripada menerbitkan iklan. Konten memiliki kekuatan emosional yang dapat menarik perhatian dan fokus pelanggan, audiens, dan orang lain yang peduli dengan perusahaan kita. Konten seperti apa yang akan memenangkan hati orang? Jawabannya adalah konten yang menginspirasi.

Berita Terkait :  Gelar Kongres, GNIK fokus akselerasi SDM kompeten

Agar kita bisa membuat konten yang inspiratif, kita bisa memulainya dengan berbagi kisah sukses, baik kisah pribadi maupun kelompok. Public Relation bisa dimulai dengan menceritakan kisah sukses para CEO atau pendiri perusahaan dengan mengingat kisah bagaimana mereka mendirikan perusahaan dari nol hingga menjadi sukses seperti sekarang ini. Pembaca dan pendengar akan jauh lebih tertarik dengan kisah-kisah inspiratif seperti ini.

Tidak Ada Jalan Pintas.

Meski usaha mencari kata-kata strategis bisa didapatkan melalui penggunaan SEO, tapi tetap saja tidak ada jalan pintas dalam berbisnis! Dalam hal ini Public Relation harus berusaha lebih keras dalam menulis press release, artikel, reportase dan bentuk pekerjaan lain yang dapat memaksimalkan fungsi Public Relation. Tidak ada jalan pintas menuju sukses, jangan mudah puas karena perusahaan ternama pun tidak boleh lengah untuk berhenti memaksimalkan kinerja Public Relationnya.

Proses interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat

Interaksi sosial merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sifat manusia sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri menuntutnya untuk selalu berhubungan dengan orang lain.

Dalam hubungan ini, manusia berkomunikasi secara timbal balik dan saling mempengaruhi, baik antar individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Hubungan ini kemudian disebut sebagai interaksi sosial.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Gilin berpendapat bahwa interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis atau selalu berubah, yaitu yang menyangkut hubungan antar individu dengan kelompok atau antar kelompok. Selain itu, salah satu ilmuwan sosial Indonesia, Soerjono Soekanto menjelaskan bahwa interaksi sosial adalah suatu proses sosial dari cara-cara berhubungan yang terlihat ketika individu dan kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem dan hubungan sosial.

Berita Terkait :  Ruangguru gelar Liga Ruangguru, kompetisi pelajar terbesar di Indonesia

Sedangkan menurut Homans, interaksi sosial adalah suatu peristiwa ketika suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain diberi imbalan atau hukuman dengan menggunakan suatu tindakan oleh pasangannya.

Teori Komunikasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa proses yang berkaitan dengan terjadinya interaksi sosial, antara lain:

  1. Interaksi Sosial Asosiatif
    Asosiatif adalah proses interaksi sosial dalam bentuk kerjasama. Ada tiga proses sosial asosiatif, yaitu:
  2. Kerjasama
    Kerjasama menurut Roucek dan Warren adalah bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini ada pembagian tugas yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Pada dasarnya kerjasama merupakan bentuk utama dalam suatu proses interaksi sosial. Bahwa tujuan utama manusia dalam berinteraksi satu sama lain adalah bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama.
  3. Akomodasi
    Akomodasi merupakan proses sosial yang lebih tepat disebut penyesuaian sosial. Akomodasi adalah suatu proses interaksi sosial berupa penyesuaian sosial baik yang dilakukan oleh individu maupun kelompok untuk mereduksi suatu konflik sosial yang ada.
  4. Asimilasi
    Asimilasi adalah proses interaksi sosial berupa peleburan dua atau lebih budaya menjadi budaya baru yang dimiliki bersama. Dalam hal ini masing-masing pihak merasa bahwa budayanya telah menjadi satu dan melebur dengan budaya lain sehingga tidak merasakan batasan bahkan menjadi budaya baru.
  5. Akulturasi
    Akulturasi merupakan proses interaksi sosial antara budaya yang satu dengan budaya yang lain. Dimana setiap budaya mampu menerima unsur budaya lain tanpa kehilangan apa yang menjadi identitas budayanya.

Syarat Interaksi Sosial

Kontak sosial

Kontak sosial merupakan awal dari suatu interaksi, yaitu hubungan antara individu yang satu dengan individu yang lain, atau individu dengan kelompok, bahkan kelompok dengan kelompok berupa hubungan timbal balik langsung maupun tidak langsung.

Komunikasi

Komunikasi merupakan bagian penting dari sebuah interaksi. Dimana tanpa komunikasi, interaksi sosial tidak akan berjalan. Komunikasi adalah suatu kegiatan pertukaran informasi secara timbal balik dalam bentuk kata-kata lisan.

Demikian penjelasan dari saya tentang mengapa Public Relation Disebut Sebagai Proses Interaksi semoga bermanfaat, terimakasih.

Tags

Bagikan:

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.