Rilis Pers

Rayakan Bulan K3, Peserta Pelatihan Mutiara Mutu Sertifikasi Berkontribusi dalam Aksi Sosial

Lely

Rayakan Bulan K3, Peserta Pelatihan Mutiara Mutu Sertifikasi Berkontribusi dalam Aksi Sosial

Mutiara Mutu Sertifikasi (MMS) baru saja selesai menyelenggarakan Pembinaan Ahli K3 Umum (AK3U) Kemnaker RI angkatan pertama di tahun 2024. Melanjutkan visi misi MMS untuk menyediakan pelatihan K3 yang terpercaya dan berkualitas, maka Pembinaan AK3U bulan Februari pun langsung berjalan tidak lama setelah kelas Januari berakhir. Berhubung periode pembinaan bulan Februari berdekatan dengan Perayaan Bulan K3 Nasional Tahun 2024, MMS mendorong peserta pelatihan Kemnaker RI untuk berpartisipasi merayakan peringatan Bulan K3 lewat berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Sebagai Perusahaan Jasa K3 (PJK3) yang berdedikasi untuk meningkatkan kesadaran akan Budaya Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3), salah satu kegiatan utama yang diadakan selama pembinaan berlangsung adalah lomba K3. Pergelaran ini bertujuan untuk mengasah pengetahuan peserta akan K3 melalui games yang menyenangkan, di samping memahami ilmu terkait K3 selama pelatihan berlangsung. Selain berkompetisi secara sehat, para peserta juga mendapatkan doorprize sebagai hadiah atas antusiasme mereka dalam merayakan Bulan K3.

BK3N (Bulan K3 Nasional) tahun ini mengangkat tema pokok “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”. Menteri Ketenagakerjaan, Ibu Ida Fauziyah menyatakan bahwa tema tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk turut mengajak penerapan budaya K3 di tempat kerja, demi tercapainya ekosistem ketenagakerjaan yang unggul. Terdapat tiga cara sederhana yang dapat diterapkan agar semua pihak semakin tergerak untuk meningkatkan budaya K3, menurut Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 244 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2024. Di antaranya, melalui program kegiatan yang bersifat strategis, promotif, dan implementatif.

Berita Terkait :  3 rekomendasi mobil Mercedes-Benz terbaik di tahun 2021!

Lomba K3 dan Aksi Sosial sebagai Bagian dari Program Kegiatan Bulan K3 yang Bersifat Promotif

Lewat Pembinaan AK3U kelas offline yang diselenggarakan oleh MMS di bulan Februari 2024, peserta pelatihan ikut meramaikan Bulan K3 lewat kegiatan yang bersifat promotif. Di samping melaksanakan lomba K3, rekan-rekan peserta yang berasal dari Pulau Jawa dan Sumatra juga ikut melakukan aksi sosial untuk menyukseskan Bulan K3. Aksi sosial yang dilakukan peserta disalurkan melalui donasi dari sebagian biaya pelatihan mereka untuk Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI). Sumbangan yang diberikan tersebut bertujuan untuk membantu pengobatan kanker anak di Indonesia.

Berita Terkait :  DigitalBridge umumkan investasi IFC untuk tingkatkan infrastruktur digital

Aksi sosial yang dilakukan peserta pelatihan juga merupakan bentuk peringatan International Childhood Cancer Day yang setiap tahunnya dirayakan pada tanggal 15 Februari. Sehubungan dengan peringatan tersebut, peserta pelatihan di MMS juga berharap dapat meningkatkan kepedulian terhadap penyakit kanker pada anak dan menjadi bagian dari pendukung rencana global WHO Global Initiative for Childhood Cancer (GICC) untuk meningkatkan harapan hidup penderita kanker anak dari 20% menjadi 60% di tahun 2030.

Melihat antusiasme para peserta, MMS berterima kasih dan berharap agar semangat ini tidak berhenti hanya sampai peringatan Bulan K3 selesai. MMS akan terus berupaya untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri menerapkan Budaya K3 dan peduli terhadap K3. Komitmen ini Mutiara Mutu Sertifikasi jalankan dengan menyelenggarakan pelatihan yang berkualitas dan membantu peserta dalam mempersiapkan diri untuk menjadi ahli K3 yang mumpuni. 

Tags

Bagikan:

Artikel Terkait