Cara Bikin Surat Lamaran Kerja

Dian Hadi Saputra

Pendahuluan

Surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang harus disertakan dalam proses melamar pekerjaan. Surat ini menjadi media komunikasi antara pelamar dengan pihak perusahaan yang akan menilai kemampuan dan kualifikasi dari pelamar tersebut. Oleh karena itu, penting bagi para pencari kerja untuk mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian.

Langkah-langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang efektif. Langkah-langkah ini akan membantu pelamar menyampaikan informasi dengan jelas dan mengarahkan surat lamaran menuju tujuan yang diinginkan.

Berita Terkait :  Cara Cek Nomor Indosat

Tata Letak dan Format Surat Lamaran Kerja

Tata letak dan format surat lamaran kerja sangat penting untuk memberikan kesan yang baik kepada penerima surat. Surat yang rapi dan terstruktur akan memudahkan penerima untuk membaca dan memahami isi surat. Berikut adalah beberapa tips dalam menentukan tata letak dan format surat lamaran kerja:

Konten yang Sempurna

Penyusunan konten yang baik akan mempengaruhi kesuksesan surat lamaran kerja. Konten yang disampaikan harus jelas, padat, dan terkait dengan pekerjaan yang dilamar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun konten surat lamaran kerja:

Keunikan Dalam Surat Lamaran Kerja

Membuat surat lamaran kerja yang unik dapat menjadi kelebihan tersendiri bagi pelamar. Surat yang menonjol dan berbeda dari surat lamaran lainnya dapat menarik perhatian penerima dan meningkatkan peluang pelamar untuk dipanggil dalam proses seleksi pekerjaan. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat surat lamaran kerja yang unik:

Kekurangan dalam Surat Lamaran Kerja

Meskipun surat lamaran kerja memiliki banyak kelebihan, namun terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh pelamar. Kelebihan tersebut dapat menjadi tantangan dalam menyusun dan mengirimkan surat lamaran. Berikut adalah beberapa kekurangan dalam surat lamaran kerja:

Kelebihan dalam Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja juga memiliki berbagai kelebihan yang dapat menjadi nilai tambah bagi pelamar. Kelebihan tersebut dapat membedakan surat lamaran tersebut dengan yang lainnya dan meningkatkan peluang pelamar untuk mendapatkan panggilan seleksi. Berikut adalah beberapa kelebihan dalam surat lamaran kerja:

Penjelasan Detail Mengenai Cara Bikin Surat Lamaran Kerja

Berikut ini adalah penjelasan detail mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang baik:

Tahap Langkah
1 Pelamaran
2 Penyusunan Surat
3 Tata Letak dan Format
4 Konten
5 Keunikan
6 Kekurangan
7 Kelebihan
Berita Terkait :  Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Pertanyaan Umum tentang Cara Bikin Surat Lamaran Kerja

1. Apa yang harus saya sertakan dalam surat lamaran kerja?

Dalam surat lamaran kerja, Anda perlu mencantumkan informasi penting seperti identitas diri, posisi yang dilamar, pengalaman kerja, dan keahlian yang dimiliki.

2. Apakah surat lamaran kerja harus ditulis tangan?

Tidak semua surat lamaran kerja harus ditulis tangan. Namun, jika ada instruksi yang mengharuskan surat ditulis tangan, sebaiknya Anda mengikuti instruksi tersebut.

3. Berapa halaman ideal untuk surat lamaran kerja?

Idealnya, surat lamaran kerja tidak boleh melebihi satu halaman. Usahakan untuk menjaga kesingkatan dan kejelasan isi surat dalam satu halaman.

4. Apakah saya perlu mencantumkan riwayat pendidikan dalam surat lamaran kerja?

Ya, mencantumkan riwayat pendidikan Anda dalam surat lamaran kerja sangat penting untuk memberikan informasi kepada penerima surat mengenai latar belakang pendidikan Anda.

5. Bagaimana cara menarik perhatian penerima surat dengan surat lamaran kerja saya?

Anda dapat menarik perhatian penerima surat dengan memberikan informasi yang relevan dan menarik mengenai diri Anda, serta menyampaikan alasan mengapa Anda cocok untuk posisi yang dilamar.

6. Apakah saya perlu mencantumkan referensi dalam surat lamaran kerja?

Tergantung pada instruksi yang diberikan oleh perusahaan, Anda mungkin perlu mencantumkan referensi dalam surat lamaran kerja. Namun, jika tidak disebutkan, tidak perlu mencantumkannya.

7. Apakah saya perlu menyertakan sertifikat dan fotokopi ijazah dalam surat lamaran kerja?

Tidak perlu menyertakan sertifikat dan fotokopi ijazah dalam surat lamaran kerja. Namun, jika pihak perusahaan meminta, Anda dapat menyertakan salinan sertifikat atau ijazah yang relevan.

8. Apakah saya perlu menambahkan foto dalam surat lamaran kerja?

Tidak semua surat lamaran kerja memerlukan tambahan foto. Namun, jika disebutkan dalam instruksi, Anda bisa menyertakan foto dalam surat tersebut.

9. Bagaimana saya menulis kalimat pembuka yang menarik dalam surat lamaran kerja?

Anda dapat menulis kalimat pembuka yang menarik dengan memulai dengan pengenalan singkat mengenai diri Anda, atau dengan mengutip pernyataan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

10. Apakah saya harus mencantumkan gaji yang diharapkan dalam surat lamaran kerja?

Tidak ada aturan yang mengharuskan Anda untuk mencantumkan gaji yang diharapkan dalam surat lamaran kerja. Namun, jika diminta oleh perusahaan, Anda dapat menyertakan informasi tersebut.

11. Apakah saya perlu menulis kalimat penutup yang formal dalam surat lamaran kerja?

Ya, sebaiknya Anda menulis kalimat penutup yang formal dalam surat lamaran kerja. Gunakan ungkapan terima kasih dan harapan untuk dapat diberikan kesempatan wawancara.

12. Apakah saya perlu mencantumkan alamat email dan nomor telepon dalam surat lamaran kerja?

Ya, pastikan untuk mencantumkan alamat email dan nomor telepon yang aktif agar pihak perusahaan dapat menghubungi Anda jika diperlukan.

13. Apakah saya perlu mengecek kembali surat lamaran sebelum mengirimkannya?

Ya, sangat penting untuk mengecek kembali surat lamaran sebelum mengirimkannya. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan, dan pastikan isi surat jelas dan relevan.

Bagikan:

Tags