Rilis Pers

Inilah Perbedaan Public Relations Dan Digital Public Relations

Dian Hadi Saputra

Perbedaan Public Relations Dan Digital Public Relations - PressRelease

PressRelease.co.id – Inilah Perbedaan Public Relations Dan Digital Public Relations – Banyak orang masih mengartikan Public Relation atau yang lebih akrab disebut PR dalam arti sempit. Yaitu hanya bertugas berbicara di depan hadirin. Sebenarnya apa sih PR itu? Jika dipahami lebih dalam, makna dan tugas PR lebih dalam dari yang mungkin Anda pahami selama ini. Berikut ini perbedaan Public Relations Dan Digital Public Relations.

Apa itu Public Relations

Ada banyak definisi tentang apa itu Public Relations. Menurut Hubstop, Relation public adalah orang-orang yang membantu bisnis membangun reputasi positif di mata publik melalui berbagai media, baik melalui media tradisional, maupun media digital seperti media sosial, artikel blog, dan juga melalui berbagai kegiatan langsung.

Relation public juga menjadi garda terdepan dalam menjaga reputasi perusahaan ketika sedang mengalami krisis yang mengancam kredibilitas.  Selain membangun reputasi yang kredibel untuk bisnis Anda, profesional PR juga membantu publik menerima informasi yang relevan tentang penghargaan yang diperoleh bisnis Anda. Menurut Public Relations Society of America PRSA, PR adalah proses komunikasi strategis yang membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publik.

Sisi Positif Public Relations

Public Relations merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan menjadi divisi penting dalam perusahaan, pemerintahan, atau tokoh masyarakat. Ini seperti yang dikatakan The Princeton Review, apa itu PR adalah pembangun citra. Relation public juga seorang pendongeng. PR yang baik biasanya menganalisis organisasi, menemukan pesan-pesan positif, dan menerjemahkan pesan-pesan itu ke dalam cerita-cerita positif.

Tugas mereka adalah menghasilkan publisitas positif bagi klien mereka dan meningkatkan reputasi mereka. Relation public akan menginformasikan kepada publik tentang kegiatan lembaga, menjelaskan kebijakan, dan mengelola kampanye. Sektor pemerintah mungkin yang paling banyak menggunakan PR. Profesional PR dapat melakukan kampanye politik atau menjelaskan kebijakan pemerintah baru kepada publik.

Apa perbedaan antara Public Relations dan Periklanan

Beberapa orang juga sering khawatir tentang hubungan antara apa itu PR dan periklanan, tetapi sebenarnya, apakah kedua hal ini terkait atau terpisah?

Periklanan adalah media berbayar, PR diperoleh oleh media. Ini berarti Anda meyakinkan reporter atau editor untuk menulis cerita positif tentang Anda atau klien, kandidat, merek, atau masalah Anda. Itu muncul di bagian editorial majalah, surat kabar, stasiun TV atau situs web, bukan di bagian media berbayar. Berita Anda lebih kredibel karena diverifikasi secara independen oleh pihak ketiga yang terpercaya.

Perbedaan Public Relations dan Digital public relations publik

Apa perbedaan antara Public Relations dan Periklanan - PressRelease

E-PR merupakan inisiatif kerelation publican/PR yang menggunakan internet sebagai sarana publisitas atau disebut dengan cyber PR. Apakah Anda pernah mendengar istilah Digital Public Relations? Jika belum, maka tidak ada salahnya mengikuti ulasan singkat ini. Kata Digital berasal dari Yunani, berarti jari. Ada berbagai jenis digital, ada seni digital, musik digital, dan lain-lain.

PR Digital tidak jauh berbeda dengan PR Konvensional. Semuanya membutuhkan kreativitas untuk menyampaikan pesan. Perbedaan paling mendasar adalah domain yang digunakan. PR konvensional menggunakan media relations untuk menyebarluaskan konten, sedangkan PR Digital menggunakan internet untuk menyebarluaskan konten.

Nah, sekarang pertanyaannya, kenapa PR Konvensional harus berubah menjadi PR Digital? Perkembangan internet telah membantu dalam penyebaran informasi yang cepat. Kehadiran internet telah mengubah cara masyarakat berkomunikasi, sehingga memudahkan Relation public dalam menyebarkan pesan yang ingin disampaikannya.

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk menjadi PR Digital? Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menjadi PR Digital adalah mengenal apa yang disebut media sosial, baik itu YouTube, blog, twitter, fb, dan lain-lain.

Di sana Anda akan bertemu dengan audiens yang siap menerima pesan yang akan disampaikan. Dengan pesan dan audiens yang tepat, VOILA! menjadi viral, dan pesan yang disampaikan Anda akan membentuk jaringan pesan yang berlanjut dari satu audiens ke audiens lainnya.

Jadi apa yang membuat sebuah pesan efektif? Langkah pertama adalah membuat pesan sesuai dengan audiens. Buat # (hashtag) tertentu yang menarik audiens untuk berpartisipasi dalam menyebarkan pesan.

Selanjutnya, seberapa jauh pesan tersampaikan? Seorang Digital PR akan menggunakan beberapa alat untuk mengukur pesan yang telah dipublikasikan. Pengukuran dapat dilakukan menggunakan search #  atau hashtag yang sudah disebarluaskan.

Banyak sekali tools yang bisa digunakan secara GRATIS. Ingatlah bahwa hubungan masyarakat bukan hanya tentang menyebarkan pesan tetapi juga tentang pemantauan. Dalam sesi selanjutnya, akan dijelaskan mengenai media monitoring.

Perbedaan paling mendasar adalah ranah yang digunakan. PR tradisional menggunakan hubungan media untuk mempublikasikan konten, sedangkan PR digital menggunakan Internet untuk mempublikasikan konten.

Fungsi Public Relations

Menurut Maria Relation umum adalah bagian dari diri yang sama dalam organisasi yang harus memberikan identitas organisasi yang benar serta mampu berkomunikasi agar publik dapat menaruh kepercayaan dan memiliki sikap yang jelas dan pemahaman yang benar mengenai organisasi, bukan hanya sekedar memberikan gambaran umum dari fungsi relation public,berikut ini fungsinya yaitu:

Anda memiliki tujuan untuk menciptakan opini publik yang dapat diterima dan bermanfaat bagi semua pihak. Sangat penting bagi organisasi untuk memiliki warna, budaya, citra dan suasana yang menyenangkan dan menarik, meningkatkan kinerja dan mencapai produktifitas yang optimal.

Upaya untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan masyarakat umum, serta menciptakan opini publik sebagai pengaruh yang sangat berguna sebagai masukan bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. Dan hasilnya lebih baik dari sebelumnya karena mendapat opini dan kritik dari konsumen. Dapat disimpulkan bahwa humas lebih berorientasi pada perusahaan untuk membangun citra positif.

Jasa Press Release bukan hanya dapat digunakan untuk menceritakan hal yang positif saja. Namun Apakah PR juga bisa digunakan untuk mengurangi krisis yang dapat melemahkan reputasi bagi klien. Seperti contoh kasus yang sudah terjadi pada Johnson pada tahun 1980-an.

Pada awal 1980-an, beberapa botol produk Tylenol Johnson dicampur dengan sianida oleh orang tak dikenal, menewaskan tujuh orang. Tentu saja hal ini menimbulkan kepanikan di kalangan pengguna, dan bisa juga berdampak pada terhentinya produk Tylenol dari pasaran.

Johnson mengambil tindakan Public Relation untuk menangani hal ini.  Pertama, perusahaan menarik semua produk Tylenol dari rak dan mengeluarkan pernyataan nasional yang memperingatkan konsumen agar tidak membeli atau menggunakan Tylenol.

Kemudian, Johnson membuat segel tahan kerusakan baru, dan menginstruksikan 2.000 staf penjualan untuk menyampaikan presentasi kepada komunitas medis untuk memperkenalkan kembali botol Tylenol baru yang lebih aman ini.

Contoh Strategi PR yang efektif menyelamatkan reputasi Johnson

Strategi Public Relations Tylenol Johnson - PressRelease

Dalam kasus Johnson, kampanye iklan sederhana tidak akan berhasil. Sebaliknya, PR dibutuhkan: para profesional PR mampu menyebarkan cerita yang menggambarkan Johnson sebagai perusahaan yang menempatkan konsumen di atas keuntungan.

Dalam contoh ini, Anda dapat melihat bahwa profesional Relation public mahir menangani berbagai macam situasi baik dan buruk, dan harus menangani peristiwa ini agar publik dan klien dapat mempertahankan hubungan yang menguntungkan.

Spesialis Public relations juga berperan dalam memberikan saran kepada manajemen tentang keputusan kebijakan atau tindakan terbaik yang harus diambil, dan menerapkan program, seperti penggalangan dana atau acara jejaring, untuk membantu publik memahami tujuan organisasi. Demikian penjelasan dari saya tentang Inilah perbedaan Public Relations dan Digital public relations semoga bermanfaat, Benuanta

Tags

Bagikan:

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.