Humaniora: UNIB dan universitas di ASEAN rintis kerja sama penyetaraan ijazah

Lely

Humaniora: UNIB dan universitas di ASEAN rintis kerja sama penyetaraan ijazah

Bengkulu (PRESSRELEASE.CO.ID) – Universitas Bengkulu merintis kerja sama dengan universitas yang ada di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) dalam penyetaraan standar ijazah mahasiswa.

 

“Soal pendidikan, ada beberapa kerja sama sedang kami rintis. Di beberapa universitas lain mungkin sudah berjalan, terutama terkait standarisasi ijazah,” kata Rektor Universitas Bengkulu Dr Retno Agustina Ekaputri di Jakarta, Selasa.
 

 

“Contohnya, kami menerima mahasiswa universitas luar negeri, begitu juga sebaliknya. Nah, ketika ijazah itu bisa disetarakan dan para lulusan kembali ke negaranya masing-masing, ijazah mereka diakui, sehingga ada kesetaraan. Kesetaraan ini penting,” kata dia.

 

Berita Terkait :  Humaniora: BMKG: Gelombang hingga 4 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan

Melalui Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN 2023, kata dia, diharapkan hubungan negara-negara di ASEAN semakin erat dan berbagai kerja sama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi juga ikut terakselerasi.

 

Selain penyetaraan ijazah, lanjutnya,  Universitas Bengkulu sudah membentuk kerja sama dengan sejumlah universitas di kawasan ASEAN maupun secara internasional, seperti pertukaran mahasiswa hingga kuliah umum dari profesor-profesor di bidang masing-masing dalam kawasan.

 

“ASEAN merupakan forum internasional terdekat dengan Indonesia untuk menjalin kerja sama. Kerja sama antar-universitas dari berbagai negara ini kami anggap penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Berita Terkait :  Humaniora: Kemendikbud: RI berpeluang besar bentuk tenaga ahli bidang kelistrikan

 

Sumber: Antara.

Bagikan:

Tags