Humaniora: Wagub Jatim terpapar COVID-19 usai ibadah umrah

Lely

Humaniora: Wagub Jatim terpapar COVID-19 usai ibadah umrah

mungkin sebaiknya tetap mengenakan masker

Surabaya (PRESSRELEASE.CO.ID) – Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Emil Elestianto Dardak terpapar virus corona (COVID-19) setelah pulang dari menjalankan ibadah umrah di Tanah Suci Mekah, kata pejabat provinsi setempat.

Gubernur Jatim Khofiah Indar Parawansa menginformasikan Wagub Emil terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap polymerase chain reaction (PCR).

“Mohon doanya agar Wagub Emil segera pulih,” kata Gubernur Khofifah saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis malam.

Mantan Gubernur Trenggalek itu diduga terpapar COVID-19 saat menjalankan ibadah umrah di Tanah Suci pada 25 Maret – 1 April 2023.

Gubernur Khofifah mengungkapkan Wagub Emil merasakan gejala flu disertai demam setibanya di Tanah Air.

Berita Terkait :  Humaniora: Pertamina Dumai sebut ledakan di kilang sudah ditangani

“Sangat banyak yang pulang dari umrah terkonfirmasi flu dan pilek. Kemudian ada yang sempat di-swab, ada yang tidak. Nah beliau ini kemudian di-swab PCR dan hasilnya terkonfirmasi positif. Mohon doanya semua, Insya Allah beliau segera baik kembali dan bertugas seperti semula,” ujarnya.

Wagub Emil telah mengumumkan kondisinya melalui akun media sosial Instagram pribadinya.

“Ternyata COVID-19 masih ada. Saya yang belum pernah terdeteksi kena selama bertahun-tahun sejak awal munculnya COVID-19 akhirnya merasakan giliran. Gejalanya saat mau sahur tenggorokan sakit dan demam serta meriang dan nyeri otot, ditambah batuk-batuk berdahak,” katanya.

Wagub Emil mengimbau agar masyarakat tetap beraktivitas dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Selain itu menganjurkan agar masyarakat telah melengkapi daya tahan tubuhnya dengan vaksin penguat atau booster.

Berita Terkait :  Humaniora: BPBD Lombok Tengah salurkan bantuan kepada korban angin puting beliung

“Untuk masker, memang sudah tidak wajib, tapi kita bisa menilai sendiri kalau di tempat yang ramai dan padat, serta rawan berinteraksi dengan orang lain yang batuk atau bersin, mungkin sebaiknya tetap mengenakan masker. Bagi yang belum vaksin lengkap, termasuk booster, ayo disegerakan ya,” tuturnya.

Selama masa pemulihan, suami artis Arumi Bachsin itu mengaku tetap menjalankan tugas sebagai Wagub Jatim dari rumah.

“Pekerjaan tetap dicicil sedikit-sedikit melalui zoom walaupun masih belum fit betul,” ucapnya.

Sumber: Antara.

Bagikan:

Tags