Humaniora: Pemkab Bekasi percantik Ruas Jalan Kalimalang

Lely

Humaniora: Pemkab Bekasi percantik Ruas Jalan Kalimalang

Kabupaten Bekasi (PRESSRELEASE.CO.ID) – Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berkomitmen untuk mempercantik wilayah dengan menjadikan ruas Jalan Kalimalang sebagai salah satu ikon kebanggaan daerah melalui pekerjaan penataan jalur dengan skema pembiayaan bertahap.

“Karena kami sebenarnya ingin menjadikan ruas Jalan Kalimalang sebagai landmark di Kabupaten Bekasi,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln di Cikarang, Minggu.

Dia mengatakan penataan jalur di salah satu jalan dengan volume lalu lintas terpadat se-Kabupaten Bekasi itu dilakukan melalui pekerjaan perbaikan jalan menggunakan material beton, pembangunan median jalan, sepadan, saluran drainase, hingga ornamen jalan.

“Bertahap dimulai dengan perbaikan jalan. Yang penting fungsinya berjalan dulu artinya ruasnya diperbaiki dulu. Nanti kalau semua ruas sepanjang Kalimalang sudah bisa dipertahankan, kami lanjutkan dengan menggarap median, sepadan, berikut ornamen,” katanya.

Berita Terkait :  Humaniora: Wagub Kalteng: Prioritaskan pemenuhan gizi tanggulangi stunting

Dia menyebutkan Jalan Kalimalang membentang sepanjang 28 kilometer dimulai dari batas wilayah Kota Bekasi hingga batas Kabupaten Karawang. Sebagai langkah awal, pemerintah daerah melakukan perbaikan di ruas sepanjang 1,8 kilometer di titik yang mengalami kerusakan paling berat.

Perbaikan dilakukan tersebar di total empat titik jalan pada ruas Cibitung-Tegal Gede hingga ke Tegal Danas sekaligus sebagai upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan saat musim mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H.

Henry mengaku pekerjaan mempercantik Jalan Ruas Kalimalang ini tidak dapat diselesaikan dalam waktu setahun anggaran saja mengingat pembiayaan yang relatif besar dengan memperhitungkan kemampuan keuangan daerah.

Berdasarkan penghitungan terhadap dokumen desain teknis bangunan yang terdiri atas gambar teknis, spesifikasi teknis, spesifikasi umum, serta volume pekerjaan, setidaknya dibutuhkan anggaran sebesar Rp300 miliar untuk dapat menuntaskan pekerjaan tersebut.

Berita Terkait :  Humaniora: Sinta Nuriyah Wahid ajak bangsa jaga persatuan

“Kalau murni mengandalkan APBD Kabupaten Bekasi saya pikir berat namun Pak Pj (Penjabat) Bupati Bekasi juga sedang berupaya keras untuk meminta bantuan pusat dan provinsi agar pembangunan Kalimalang ini terealisasi dalam satu atau dua tahun ke depan,” katanya.

Pihaknya tahun ini juga melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan di total 60 titik melalui skema e-katalog demi tercipta realisasi percepatan pembangunan daerah dengan tetap mengedepankan aspek efektifitas serta kualitas hasil pembangunan.

“Semua akan diterapkan melalui e-katalog. Begitu penunjukan konsultan pengawas selesai, langsung kami klik-klik-klik. Mudah dan cepat, terbukti saat launching perbaikan 1,8 kilometer Jalan Kalimalang, hanya butuh waktu satu minggu langsung bisa dikerjakan,” kata dia.

Sumber: Antara.

Bagikan:

Tags