Humaniora: Gubernur Kepri salurkan bantuan 1.300 paket sembako Ramadhan di Lingga

Lely

Humaniora: Gubernur Kepri salurkan bantuan 1.300 paket sembako Ramadhan di Lingga

bantuan sembako juga dalam rangka penanganan inflasi

Tanjungpinang (PRESSRELEASE.CO.ID) – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menyalurkan bantuan 1.300 paket sembako ​​​​​​untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah di Kabupaten Lingga.

“Penyerahan bantuan sembako juga dalam rangka penanganan inflasi yang merupakan instruksi langsung dari Presiden Jokowi kepada gubernur seluruh Indonesia,” kata Gubernur Ansar usai memberikan bantuan sembako di Gedung Nasional Dabo, Kabupaten Lingga, Minggu.

Ansar menyebut penerima bantuan sembako dari Pemprov Kepri tersebut berjumlah sebanyak 1.300 kepala keluarga (KK).

Untuk di Pulau Singkep, katanya, Pemprov Kepri menyediakan paket sembako sebanyak 500 KK, terdiri dari Kecamatan Singkep 240 KK, Kecamatan Singkep Barat 123 KK, Kecamatan Singkep Pesisir 120 KK, dan Kecamatan Singkep Selatan 17 KK.

Berita Terkait :  Humaniora: Pemkab Situbondo alokasikan Rp7,2 miliar untuk insentif guru mengaji

Lalu di Pulau Lingga, yaitu Kecamatan Lingga 355 KK, Kecamatan Lingga Utara 325 KK, dan Kecamatan Lingga Timur 119 KK.

Paket sembako ini berisikan kebutuhan pokok sehari-hari yaitu beras 5 kilogram, minyak goreng 2 liter, gula pasir 1 kilogram, tepung terigu 1 kilogram, susu kental manis 2 kaleng.

Ada pula bantuan sosial usaha ekonomi produktif (UEP) dan kelompok usaha bersama (KUBE) yang terdiri dari bantuan UEP dalam bentuk barang diberikan ke 30 orang, bantuan UEP dalam bentuk uang/modal usaha diberikan ke sepuluh orang, dan bantuan KUBE diberikan untuk tiga kelompok.

Selain itu, Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan hibah berupa uang melalui APBD tahun anggaran 2023 yang terdiri dari Karang Taruna Desa Sungai Buluh Kecamatan Singkep Barat sebesar Rp65 juta, Karang Taruna Desa Tinjul Kecamatan Singkep Barat sebesar Rp45 juta, Panti Jompo Tuah Bunda (Yayasan Bunda Amanda Singkep) Rp15 juta, LKSA Hidayatullah Daik Lingga sebesar Rp15 juta, dan Pondok Pesantren Al-Qur’an Al Islamiyah Lingga sebesar Rp15 juta.

Berita Terkait :  Humaniora: UI: Kecerdasan artifisial berdampak positif pengembangan kebudayaan

Sementara itu, Ansar menjanjikan untuk kecamatan lain di Kabupaten Lingga yang belum mendapatkan bantuan sembako, akan segera memberikan bantuan serupa dengan bantuan dari Anggota DPRD Provinsi Kepri.

Gubernur Ansar turut mengimbau masyarakat di Kabupaten Lingga memanfaatkan perkarangan rumah masing-masing untuk ditanami sayur mayur seperti cabai, tomat, pare, dan timun. Paling tidak hal itu dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari rumah tangga.

“Manfaatkan pekarangan dengan menanam tanaman jangka pendek yang setidaknya mampu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, pola hidup konsumtif harus dirubah menjadi kreatif dan inovatif,” ucap Ansar.

Sumber: Antara.

Bagikan:

Tags