Humaniora: Astronaut Shenzhou-15 China rampungkan spacewalk ketiga

Lely

Humaniora: Astronaut Shenzhou-15 China rampungkan spacewalk ketiga

Jakarta (PRESSRELEASE.CO.ID) – Para astronaut kru Shenzhou-15 China merampungkan tiga aktivitas di luar wahana antariksa (spacewalk) sejak perjalanan mereka ke luar angkasa empat bulan lalu, menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Spacewalk ketiga itu dilakukan oleh astronaut Fei Junlong dan Zhang Lu pada Kamis (30/3), bekerja sama dengan astronaut Deng Qingming yang berada di dalam stasiun luar angkasa.

Kedua astronaut itu menyelesaikan semua tugas terjadwal mereka sebelum kembali dengan aman ke modul lab Wentian, kata CMSA.

Menurut CMSA, empat kru melakukan total 10 spacewalk sejak misi berawak Shenzhou-12 pada 2021, menguasai serangkaian teknologi utama. Aktivitas di luar wahana antariksa lanjutan akan terus dilakukan secara rutin sesuai rencana.

Berita Terkait :  Humaniora: Trenggalek alokasikan anggaran revitalisasi jalan Rp15 miliar

Dalam sebulan terakhir, kru Shenzhou-15 menyelesaikan berbagai tugas, termasuk pemeliharaan stasiun luar angkasa di orbit.

Konvertor termoelektrik Stirling juga telah menyelesaikan uji di orbitnya (in-orbit). Mampu mengubah energi panas menjadi listrik dengan efisiensi dan kepadatan daya yang relatif tinggi, konverter ini diharapkan dapat digunakan dalam misi Bulan berawak dan eksplorasi luar angkasa di masa depan, ungkap CMSA.

Pesawat kargo Tianzhou-6 dijadwalkan akan diluncurkan pada awal atau pertengahan Mei mendatang, kata CMSA, seraya menambahkan bahwa pesawat tersebut telah dipindahkan ke Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang di Provinsi Hainan, China selatan. 

Berita Terkait :  Humaniora: Kemarin, tindak lanjut RUU Kesehatan hingga paus terdampar

 

Sumber: Antara.

Bagikan:

Tags