Humaniora: Kelompok pemuda di Ambon bangunkan warga untuk sahur dengan syair

Lely

Humaniora: Kelompok pemuda di Ambon bangunkan warga untuk sahur dengan syair

Ambon (PRESSRELEASE.CO.ID) – Sekelompok pemuda melantunkan syair guna membangunkan warga untuk sahur di daerah Batu Merah Kepala Air, Kota Ambon, Provinsi Maluku, pada bulan Ramadhan.

“Ini sudah dari Ramadhan sebelumnya, selalu ada setiap hari selama bulan Ramadhan,” kata Afia, seorang warga Batu Merah Kepala Air, Rabu.

Selama Ramadhan, setiap hari, setiap sekira pukul 03.00 WIT, setidaknya ada 15 orang anggota kelompok remaja Masjid Nurul Iman Batu Merah yang melantunkan syair-syair Islami menggunakan pengeras suara kecil dengan iringan suara alat musik sederhana seperti kecrek untuk membangunkan warga Muslim.

Mereka antara lain melantunkan syair tentang ketampanan dan keimanan Nabi Yusuf serta kemuliaan hati Putri Nabi Muhammad SAW, Fatimah.

Berita Terkait :  Humaniora: Jalur Puncak Bogor lengang

Warga yang menikmati lantunan syair mereka memberikan uang Rp2.000 hingga Rp5.000 kepada para pemuda itu.

“Kalau uang tetap ada yang kasih uang untuk mereka. Mungkin juga ada yang memberi kue-kue,” kata Afia.

Di antara warga juga ada yang menyaksikan kelompok pemuda tersebut melantunkan syair dan memotret mereka menggunakan kamera telepon seluler.

Sultan Ali, yang baru pertama kali menunaikan ibadah puasa Ramadhan di Kota Ambon, terhibur dengan aksi kelompok pemuda tersebut.

“Di tempat asal saya tidak ada yang begini. Biasanya orang membangunkan sahur hanya dari speaker atau TOA masjid,” ujarnya.

Berita Terkait :  Humaniora: Trenggalek alokasikan anggaran revitalisasi jalan Rp15 miliar

Sumber: Antara.

Bagikan:

Tags