humaniora

Humaniora: Pemerintah Provinsi Jawa Timur siapkan 161 bus mudik gratis

Lely

Humaniora: Pemerintah Provinsi Jawa Timur siapkan 161 bus mudik gratis

Surabaya (PRESSRELEASE.CO.ID) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan 161 bus mudik gratis guna memfasilitasi warga yang hendak pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Warga yang ingin menggunakan layanan bus mudik gratis Pemerintah Provinsi Jawa Timur bisa mendaftar via daring di laman Mudik Gratis 2023 Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dari 27 Maret sampai 10 April 2023.

“Persyaratan pendaftaran dengan melampirkan kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan bukti telah melaksanakan vaksinasi penguat,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah provinsi di Kota Surabaya, Selasa.

Bus mudik gratis rencananya diberangkatkan ke berbagai daerah di wilayah Provinsi Jawa Timur mulai 9 April 2023 dari Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur di Jalan Ahmad Yani, Kota Surabaya.

Berita Terkait :  Humaniora: Kuah beulangong untuk tradisi kenduri Nuzulul Quran

“Armada yang berangkat pada 9 April 2023 sebanyak 90 bus dengan tujuan 20 kabupaten/kota,” kata Gubernur.

Layanan bus mudik gratis Pemerintah Provinsi Jawa Timur meliputi rute Surabaya-Madiun, Surabaya-Magetan, Surabaya-Ponorogo, Surabaya-Nganjuk, Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Blitar, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Bondowoso, dan Surabaya-Pacitan.

Bus mudik gratis juga melayani warga yang hendak melakukan perjalanan melalui rute Surabaya-Jember, Surabaya-Malang-Blitar, Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Sumenep, dan Surabaya-Bojonegoro.

Selain itu, Khofifah mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan layanan mudik gratis bagi warga Jawa Timur yang tinggal dan bekerja di Ibu Kota Jakarta.

“Kami sediakan sebanyak 34 armada bus di Jakarta. Di antaranya sebanyak 20 bus akan diberangkatkan pada tanggal 18 April dari Anjungan Jatim di Taman Mini Indonesia Indah atau TMII Jakarta tujuan Jatim. Saat arus balik dari Jatim ke Jakarta nanti kami juga telah menyiapkan sebanyak 14 armada bus,” katanya.

Berita Terkait :  Humaniora: Lebib dekat melihat masjid tertua nan legendaris di Samarinda

Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menyediakan layanan pengangkutan sepeda motor pemudik guna mengurangi kemacetan lalu lintas kendaraan di jalan raya semasa mudik Lebaran.

“Kami mengakomodasi masyarakat yang ingin tetap mudik dengan membawa motornya. Maka kami siapkan kendaraan untuk mengangkut sebanyak 400 unit kendaraan demi mengurangi kepadatan dan mengurai kemacetan di jalan raya,” kata Khofifah.

Kendaraan-kendaraan yang disiapkan untuk mengangkut sepeda motor pemudik rencananya diberangkatkan dari Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur di Kota Surabaya menuju ke Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Jember, dan Banyuwangi pada 18 April 2023.

Sumber: Antara.

Tags

Bagikan:

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar