Apa Sih Reksa dana Dan Bagaimana Cara Berinvestasi

Dian Hadi Saputra

Apa Sih Reksa dana Dan Bagaimana Cara Berinvestasi

Apa Sih Reksa dana Dan Bagaimana Cara Berinvestasi- Apa Sih Reksa dana. Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi paling populer bagi investor pemula. Simak penjelasan lengkapnya apa itu reksa dana dan cara berinvestasi selengkapnya. Apa yang terlintas di benak Anda ketika ditanya, Apa itu reksa dana.

Bagi investor pemula, reksa dana seringkali menjadi pilihan investasi. Reksa dana terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki risiko. Jika Anda berinvestasi di deposito bank, Anda akan dikenakan pajak 20% sehingga akan mempengaruhi keuntungan Anda meskipun bunga yang ditawarkan cukup tinggi.

Sedangkan melalui reksa dana, keuntungan Anda tidak dipotong pajak. Saat ini juga tersedia berbagai platform investasi berbasis digital yang memudahkan Anda. Sehingga kegiatan investasi sebagai sumber passive income menjadi lebih mudah.

Apa Sih Reksa dana

Dana Terbuka

Jadi, reksa dana terbuka dapat dibeli kapan saja tanpa ada periode jual beli. Sedangkan untuk dijual kembali kepada perusahaan Manajer Investasi yang menerbitkannya akan dibuka setiap saat selama jam buka bursa. Karena jumlah unit tidak terbatas, reksa dana terbuka diperdagangkan pada akhir hari saat perdagangan berhenti. Dari situ kita bisa melihat harga penutupan. Reksa dana dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan portofolionya, sebagai berikut:

Berita Terkait :  Plt. Sestama BPIP: rangkap jabatan tidak cacat hukum dan lumrah

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang berinvestasi pada instrumen pasar uang dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Reksa dana pasar uang akan dikelola di pasar uang dalam bentuk surat utang seperti deposito, obligasi, dan SBI (Sertifikat Bank Indonesia).

Keunggulan Reksa Dana Pasar Uang:

Stabil dan cenderung tidak fluktuatif, Liquid (mudah dilikuidasi, umumnya T+2 setelah pasar modal memberikan instruksi pencairan), Tidak ada biaya pembelian dan penjualan, Risiko terendah di dunia reksa dana.

Kekurangan Reksa Dana Pasar Uang: Keuntungannya jauh lebih rendah daripada re ksadana lain, Risiko penarikan dalam jumlah besar (Redemption). Reksa dana Pendapatan Tetap (Reksa dana Pendapatan Tetap). Cocok untuk kamu yang ingin berinvestasi menengah dari 1-3 tahun.

  • Keunggulan Reksa dana Pendapatan Tetap: NABnya cenderung naik dan stabil, Bebas pajak obligasi, Dananya likuid dan waktu menyediakannya fleksibel.
  • Kekurangan Reksa dana Pendapatan Tetap: Risikonya lebih tinggi dibanding reksa dana pasar uang, Reksa dana Campuran, Perbandingannya yaitu 80%nya diisi saham atau obligasi.
  • Keuntungan reksa dana campuran: Pengembaliannya cenderung lebih besar dibandingkan reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap, Risikonya relatif lebih rendah dibandingkan reksa dana saham.
  • Kekurangan Reksa dana Campuran: Bergantung pada kinerja Manajer Investasi, Tidak dijamin LPS maupun pemerintah tetapi tetap memastikan OJK.
Berita Terkait :  Presiden Indonesia didesak lindungi orang utan beserta habitatnya

Macam-Macam Reksa dana Campuran

  • Reksa dana Campuran Defensif
  • Reksa dana Campuran Berimbang
  • Reksa dana Campuran Dinamis
  • Reksa dana Campuran Agresif

Reksa dana Saham (Reksa Dana Saham)

Reksa dana saham adalah reksa dana yang mengalokasikan dana minimal 80% dari total aktiva dalam bentuk saham. tujuannya yaitu untuk keuntungan yang tinggi. Cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang dengan profil risiko agresif. Keunggulan Reksa dana Saham:

  • Returnnya paling tinggi dibanding jenis reksa dana lainnya.
  • Kekurangan Reksa dana Saham:
  • Risikonya lebih besar dibanding jenis reksa dana lainnya.

Cara Investasi Reksa dana

Berikut ini gambaran cara kerja reksa dana yang dapat memudahkan Anda untuk memahami perbedaan reksa dana dengan instrumen investasi lainnya. Berikut cara investasi reksa dana bagi pemula:

Profil Risikomu Kenali

Sebelum memilih jenis reksa dana Anda harus mengenali profil risikomu. Profil risiko dibagi menjadi 3 yaitu:

  • Profil Risiko Agresif
  • Profil Risiko Sedang
  • Profil Risiko Konservatif

Paham Jenis Reksa dana yang Kamu Pilih

Dengan mengenali instrumen untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kerugian. Ingat yaa meminimalisir bukan meniadakan.

Siapkan Uang Dingin Khusus Berinvestasi

Itulah penjelasan lengkap apa itu reksa dana berikut dengan cara memulai investasinya yang dapat kamu praktikkan. Apakah kamu tertarik untuk mulai berinvestasi. Selain investasi reksa dana, kini kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis yang menguntungkan melalui platform investasi berbasis sekuritas  Mulai investasi atau ekspansi bisnismu bersama kami.

 Demikian penjelasan dari saya tentang Apa Sih Reksa dana dan bagaimana cara berinvestasi semoga bermanfaat, terimakasih.

Bagikan:

Tags