Alasan Mengapa Anda Harus Berinvestasi Emas

Dian Hadi Saputra

Alasan Mengapa Anda Harus Berinvestasi Emas

Alasan Mengapa Anda Harus Berinvestasi Emas – Saat Anda akan berinvestasi, Emas batangan pasti akan muncul sebagai pilihan. Meski sudah dikenal sejak lama, investasi emas tidak kehilangan pamornya di kalangan masyarakat.

Meski masih banyak produk investasi lain yang tak kalah menguntungkan, investasi emas batangan tetap menjadi pilihan yang dapat menjanjikan untuk masa depan. Bagaimana bisa? Ini karena emas batangan telah terbukti menjadi pilihan investasi yang menguntungkan, tidak hanya dari segi nominal uang, tetapi juga untuk penjaga aset dan aset Anda yang terbaik.

Alasan Mengapa Anda Harus Berinvestasi Emas

Investasi Emas Tidak Mungkin Akan Bangkrut

Investasi emas, seperti halnya investasi emas ANTAM, bisa dibilang tidak akan pernah bangkrut. Jika bangkrut, pasti orang yang berinvestasi akan mengalami kerugian yang besar. Berinvestasi dalam emas berarti uang telah ditransfer ke emas batangan dan emas tidak akan menyusut atau hilang.

Berbeda dengan saham atau produk investasi lainnya, uang ditransfer dalam bentuk kepemilikan yang ditandai dengan surat atau dokumen. Anda tidak memegang produk secara langsung dalam bentuk fisik, tetapi hanya melalui dokumen yang ada, tanpa dokumen Anda tidak dapat membuktikan kepemilikan Anda.

Berita Terkait :  Yugabyte rampungkan putaran pendanaan Seri C

Sementara emas, secara fisik memiliki, berapa pun harganya di masa depan, Anda masih bisa menjual emas dan mendapatkan uang. Itu sebabnya orang sering menyebut emas batangan sebagai produk investasi yang aman.

Emas Tahan Terhadap Inflasi

Keunggulan emas batangan yang selalu diminati masyarakat adalah kemampuannya menahan inflasi. Ketika nilai uang turun, harga emas batangan semakin tinggi. Inflasi merupakan situasi yang dapat menakutkan bagi banyak orang dan pada saat seperti itu mereka akan memilih alternatif lain untuk mengamankan uang dan harta mereka. Umumnya, orang akan beralih ke emas batangan. Tingginya permintaan ini akan membuat harga emas batangan naik.

Emas Batangan Memiliki Risiko Yang Kecil

Investasi selalu memiliki risiko tergantung pada nilai uang yang Anda investasikan. Begitu juga dengan emas batangan. Namun, perbedaannya adalah jika Anda berinvestasi pada produk lain, Anda dapat kehilangan seluruh atau sebagian uang, risiko kerugian pada investasi emas batangan dapat diperkirakan. Anda dapat menghitung selisih nilai jual beli emas atau biaya lain yang mungkin bisa mengurangi total uang yang Anda keluarkan saat membeli.

Berita Terkait :  STACK dan IPI umumkan ekspansi global ke Asia Pasifik

Namun, jika Anda menjual emas setelah disimpan beberapa waktu, kemungkinan harga emas sudah naik dan kalaupun ada diskon tidak terlalu besar. Dengan begitu, kerugian bisa diminimalisir. Anda juga tidak akan kehilangan uang dan bahkan mendapat untung.

Emas Batangan Mudah Dicairkan

Jika Anda berinvestasi dalam deposito dan membutuhkan uang cepat, uang tidak akan dapat ditarik jika belum mencapai batas waktu. Begitu juga saat ingin menjual rumah, Anda perlu waktu untuk mencari pembeli yang tepat. Namun, jika itu emas batangan, Anda dapat menjualnya kapan saja dan mendapatkan uang dengan cepat.

Emas batangan juga dapat dijual di berbagai tempat dan Anda bahkan dapat membandingkan harga jual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, berinvestasi dalam emas batangan tidak akan membuat Anda kesulitan saat terjadi situasi yang tidak diinginkan.

Tidak Memerlukan Pengetahuan Khusus

Salah satu alasan mengapa setiap orang dapat memilih emas sebagai produk investasi yaitu karena emas batangan merupakan produk investasi yang mudah dipahami. Anda tidak perlu mempelajari analisis pasar atau spesialisasi lainnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membeli emas saat harganya turun, menyimpannya selama beberapa tahun, dan menjualnya saat Anda membutuhkannya atau saat harga emas mencapai titik tertingginya.

Demikianlah ulasan tentang alasan mengapa anda harus berinvestasi emas semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags