Cara Membeli Saham Agar Tidak Salah Berinvestasi

Dian Hadi Saputra

Cara Membeli Saham Agar Tidak Salah

Cara Membeli Saham Agar Tidak Salah Berinvestasi – Investasi merupakan sesuatu yang perlu dimiliki untuk perencanaan masa depan. Ada banyak jenis investasi yang tersedia. Investasi di saham, reksa dana, hingga bitcoin, adalah investasi yang populer untuk dipilih. Mungkin, investasi saham adalah yang paling populer. Banyaknya aplikasi saham online memudahkan investor untuk mulai berinvestasi saham.

Bagi pemula yang baru ‘bermain’ Saham sepertinya masih banyak yang bingung. Timbulnya pertanyaan seperti, apa yang pertama kali dilakukan? bagaimana cara membeli saham yang benar? Bagaimana cara membeli saham agar tidak rugi? Cara membeli saham berikut ini bisa Anda terapkan sebelum mulai berinvestasi saham.

Cara Membeli Saham Agar Tidak Salah

Lakukan Riset

Yang sering dilupakan adalah melakukan penelitian. Mengapa langkah ini penting? Riset dapat dilakukan agar Anda tahu betul saham apa yang menguntungkan. Cari informasi sebanyak-banyaknya agar investasi yang Anda berikan tidak merugi. Pahami apa risiko dalam setiap investasi Anda. Risiko ini dapat meminimalkan apa yang akan terjadi.

Berita Terkait :  Patahkan prediksi, Indonesia berhasil cegah bencana asap karhutla dua tahun berturut-turut

Memilih Broker

Cara membeli saham setelah riset adalah dengan memilih pialang saham. Pialang adalah orang atau lembaga yang menjembatani antara investor dan pasar modal. Pastikan pialang saham yang Anda pilih berkualitas dan terdaftar di BEI. Maka broker harus memenuhi semua ketentuan dari lembaga pengawas yaitu OJK. Saat ini sudah banyak broker online, sehingga akan mudah bagi Anda untuk mulai berinvestasi.

Membuka Rekening

Sebelum mulai membeli saham, Anda harus memiliki akun saham terlebih dahulu. Rekening saham digunakan untuk melakukan transaksi saham. Anda dapat membuka rekening saham secara online melalui pialang saham pilihan Anda.

Rekening lain yang perlu dimiliki adalah Rekening Dana Nasabah (RDN). Rekening ini dimaksudkan untuk menyimpan dana untuk transaksi jual beli saham Anda. Kedua akun ini akan ditautkan satu sama lain.

Setoran Modal

Ketika kedua akun telah berhasil dibuka, akan lebih mudah untuk membeli saham. Selanjutnya, Anda perlu melakukan setoran awal. Setelah transaksi pertama berhasil, transaksi selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran. Kewajiban pembayaran harus dilakukan dalam waktu 2 hari setelah transaksi dilakukan.

Membeli Saham

Cara membeli saham dilakukan ketika Anda sudah mengetahui saham apa yang akan dibeli. Melalui broker yang dipilih, Anda dapat dengan bebas membeli saham perusahaan apa dan jumlahnya. Broker berkualitas biasanya sudah memiliki sistem trading online. Sistem ini dapat membantu Anda untuk mengetahui pergerakan saham.

Berita Terkait :  IHS umumkan harga penawaran perdana saham ke publik

Investasikan Modal Melalui Pinjaman Online

Berinvestasi membutuhkan banyak modal. Memang keuntungan yang bisa didapatkan akan berlipat ganda jika investasi yang Anda lakukan tepat. Jika Anda ingin bermain saham tetapi tidak memiliki uang, Anda dapat melakukan pinjaman online. Kecepatan pinjaman adalah keunggulan pinjaman online.

Kredit Pintar yaitu sebagai pinjaman online tercepat, dapat menawarkan pinjaman untuk modal investasi Anda. Pinjaman online tercepat dari Kredit Pintar, hanya membutuhkan waktu 24 jam untuk pinjaman masuk ke rekening Anda. Bermain saham adalah investasi yang ‘berpacu dengan waktu’, jika tidak cepat maka saham akan berubah. Untuk pinjaman online tercepat, Anda perlu membuat proses pembelian saham lebih cepat juga.

Selain pinjaman yang cepat diberikan, Anda juga bisa mendapatkan bunga rendah melalui Kredit Pintar. Jadi, meskipun Anda melakukan pinjaman, Anda tidak perlu khawatir dengan bunga pinjaman. Bunga rendah dari Kredit Pintar tidak akan dikenakan biaya. Anda bisa dengan mudah mendapatkan modal untuk membeli saham melalui Kredit Pintar.

Demikianlah ulasan tentang cara membeli saham agar tidak salah berinvestasi semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags