Tips Jual Beli Saham Untuk Saham Online

Dian Hadi Saputra

Tips Jual Beli Saham Untuk Saham Online

Tips Jual Beli Saham Untuk Saham Online – Di era digital seperti sekarang ini, segalanya menjadi lebih mudah. Dari yang awalnya dilakukan secara manual, kini menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Tidak terkecuali investasi saham, kini Anda bisa berinvestasi saham secara online.

Mengapa Anda Perlu Investasi Saham?

Selain itu, investasi saham yaitu salah satu instrumen yang paling diminati oleh investor karena dapat dianggap dividen yang diperoleh lebih besar dapat dibandingkan instrumen investasi lainnya. Selain itu, agar uang yang Anda dapat memiliki saat ini dapat mengejar harga yang semakin hari semakin tinggi, maka Anda harus pandai mengelolanya, salah satunya dengan melakukan berinvestasi saham.

Saham dapat didefinisikan sebagai bukti kepemilikan atas perusahaan yang mereka beli. Banyak yang menjadikan saham sebagai instrumen investasi. Ketika seseorang membeli saham dalam suatu perusahaan, orang tersebut akan memiliki hak atas suatu aset dan pendapatan yang diperoleh perusahaan tersebut sesuai dengan porsi saham yang dimilikinya dalam perusahaan tersebut.

Karena sekarang semuanya bisa dilakukan secara online, begitu juga dengan investasi. Kini berinvestasi saham menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, saat ini proses jual beli saham hanya bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel yang dapat terhubung dengan jaringan internet.

Berita Terkait :  SMOORE menangkan Penghargaan MUSE 2021 untuk vape TA15

Tips Jual Beli Saham Untuk Saham Online

Siapkan Modal Investasi

Selain itu, seperti yang sudah dapat dijelaskan di atas, berinvestasi saham berarti Anda dapat membeli aset di suatu perusahaan yang tentunya dapat membutuhkan modal untuk dapat membelinya. Namun, Anda harus menyesuaikan modal yang akan Anda investasikan sesuai dengan situasi keuangan Anda. Jangan gunakan dana untuk kebutuhan sehari-hari, sebaiknya gunakan dana yang tidak terpakai atau yang biasa disebut cold money.

Dalam berinvestasi saham sangat disarankan untuk menggunakan cold money, karena jika terjadi sesuatu dimana saham yang Anda beli mengalami penurunan maka keuangan Anda tidak akan terganggu karena yang digunakan untuk investasi adalah dana yang tidak terpakai alias idle fund.

Karena perlu diingat bahwa ada dua jenis risiko kerugian dalam berinvestasi saham. Yang pertama adalah capital loss, yaitu kondisi dimana investor merugi ketika harga jual saham lebih rendah dari harga beli. Risiko kedua adalah likuidasi, yaitu suatu kondisi dimana suatu perusahaan dinyatakan pailit oleh pengadilan.

Berita Terkait :  WIKA raih 2 penghargaan terbaik

Membuka Rekening Saham

Tanpa akun saham, Anda tidak akan bisa melakukan proses jual beli saham. Untuk dapat memperdagangkan saham, Anda harus terdaftar sebagai nasabah di perusahaan sekuritas. Pastikan efek yang Anda pilih memiliki kredibilitas yang jelas dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perusahaan efek akan bertindak sebagai perantara bagi Anda untuk dapat membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain itu, perusahaan efek dapat memproses pembuatan rekening Anda, dan jika berhasil Anda mendapatkan Single Investor Identification (SID) dan dapat Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk dapat bertransaksi.

Cari Referensi Saham Dan Amati Pergerakannya

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi di suatu perusahaan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu seberapa kredibelnya perusahaan tersebut dan jangan lupa untuk melakukan analisa fundamental terhadap perusahaan tersebut. Investasikan uang Anda pada perusahaan yang dapat memiliki kondisi keuangan yang baik, sehingga ketika terjadi krisis ekonomi, harga saham tidak dapat turun drastis.

Karena dalam hitungan detik, harga saham bisa berubah karena banyak faktor. Oleh karena itu, luangkan waktu Anda untuk mendapatkan informasi terkini mengenai harga dan tren saham agar Anda tidak mengalami kerugian.

Demikianlah ulasan tentang tips jual beli saham untuk saham online semoga bermanfaat.

Pressrelease.co.id tidak bertanggung jawab atas isi konten

Bagikan:

Tags