Kelebihan dan kekurangan asuransi kendaraan (All Risk & TLO)

Jakarta (PressRelease) – Lewat pembahasan di artikel ini, Anda bisa menilai sendiri kelebihan dan kekurangan asuransi kendaraan mobil yang dibedakan menjadi dua jenis, All Risk dan TLO (Total Loss Only).

Silakan simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kendaraan Berdasarkan Jenisnya

Asuransi All Risk

Asuransi All Risk (Comprehensive), sesuai dengan namanya, memberikan perlindungan total pada mobil Anda. Sekecil apapun kerusakannya, pasti Anda bisa mengklaim kerusakan kalau mau. Karena kerusakan kecil saja ditanggung, apalagi yang besar? Sudah pasti ter-cover dengan baik.

Apa Kelebihannya?

Kelebihan paling utama dari All Risk adalah perlindungan mobil secara total dari peristiwa/kecelakaan terkecil sampai terbesar. Bahkan, Anda tidak perlu lagi mengategorikan kecelakaan mobil. Saat musibah terjadi, Anda hanya perlu lapor atau klaim asuransi, maka perusahaan akan menanggungnya dengan senang hati.

Untuk orang yang tidak ingin repot, ingin perasaan lebih aman saat berkendara, dan mementingkan kenyamanan total, asuransi All Risk itu wajib.

Mobil yang menggunakan All Risk sebagai asuransi utama akan lebih terjamin keamanannya. Tapi, bukan berarti Anda bisa ugal-ugalan di jalanan, ya. Tentu saja keselamatan masih jadi prioritas utama meskipun mobil dan jiwa Anda sudah tercover asuransi.

Apa Kekurangannya?

Lebih mahal dari asuransi saingannya. Karena memberikan perlindungan total kepada mobil, wajar kalau perusahaan asuransi mematok harga premi bulan/tahunan yang mahal untuk All Risk.

Buat sebagian orang, poin ini pasti menjadi kekurangan, apalagi kalau biayanya terbatas dan tipe mobilnya tidak bagus dan mewah.

Biasanya, All Risk akan menjadi poin kekurangan untuk orang yang menggunakan mobil Low Cost Green Car (LCGC) dan jenis kendaraan sejenis. Tapi, kalau Anda menggunakan mobil mewah, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan All Risk supaya berkendara lebih aman, nyaman, dan tentram.

Asuransi TLO (Total Loss Only)

Asuransi TLO tidak memberikan perlindungan 100 persen kerusakan mobil Anda, asuransi ini hanya bisa mencairkan asuransi kalau mobil Anda rusak 75% lebih. Di bawah persenan ini, mobil Anda tidak tertanggung perusahaan asuransi.

Apa Kelebihannya?

Kalau membandingkannya dengan All Risk, TLO terkesan menjadi asuransi mobil yang hanya memberikan perlindungan “setengah hati”. Apa benar?

Tidak juga. Hal yang sepertinya menjadi kelemahan ini justru bisa menjadi kelebihan untuk asuransi TLO. Karena tidak memberikan perlindungan secara penuh, biaya premi asuransi ini turun drastis dan tergolong sangat murah.

Rata-rata premi asuransi All Risk adalah 2–2,50 persen dari harga jual mobil. Sedangkan premi TLO bisa di bawah 1 persen per tahun (tergantung dari tahun mobil).

Coba bandingkan. Dengan patokan di atas, menggunakan TLO membuat Anda hemat setengah bujet total asuransi All Risk setiap tahun.

Apa Kekurangannya?

Beberapa kekurangan mobil berasuransi TLO adalah:

 ● Klaim asuransi hanya bisa saat kecelakaan merusak lebih dari 75% mobil.
 ● Mengalami kecelakaan ringan sama saja tidak mempunyai asuransi, jadi terasa percuma saat memiliki TLO. ● Klaim asuransi tidak cair 100 persen karena penurunan nilai jual menyusut setiap tahun – biasanya dana asuransi yang cair berkisar 70-80%.

Penutup

Apakah kamu sudah tahu tentang Traveloka Protect? Ini asuransi kendaraan mobil new kid on the block yang proses pendaftarannya online dan cara pengajuannya cepat dan mudah. Ada asuransi All Risk dan TLO, pilih yang cocok untuk Anda setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan asuransi kendaraan di atas, ya.

Berita telah di terbitkan oleh Sumber Berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 PT KREASIK KARYA MEDIATAMA | Kreasik Network