Membaca Al-Quran online di ponsel, apa hukum & keutamaannya?

Jakarta (PressRelease) — Aksesibilitas membuat kita bisa belajar tentang apapun jauh lebih praktis. Misalnya belajar tafsir lewat website baca Al-Quran online.
Hanya dengan menggulirkan jemari di layar ponsel, Anda bisa menemukan dan membaca ayat manapun dengan mudah.
Temukan penjelasan mendalam pada 114 surat yang mengandung 6236 ayat Al-Quran semudah klik dan tap. Sangat berguna bagi siapapun yang berkeinginan belajar.
Seperti inilah seharusnya pemanfaatan teknologi oleh seorang muslim. Ponsel dapat memberi pencerahan dan berkah apabila dimanfaatkan dengan baik.
Namun muncul pertanyaan, “bolehkah membaca Al-Quran di medium selain mushaf seperti ponsel?” Pendapat ulama di bawah ini akan menjelaskannya.
Hukum Membaca Al-Quran Online di PonselBeberapa ulama berpendapat membaca Al-Quran sebaiknya dari mushaf, demikian juga dalil Rasulullah SAW.
Mushaf adalah segala macam benda yang bertuliskan huruf-huruf Al-Quran untuk keperluan belajar. Dalam hal ini maksudnya Al-Quran dalam bentuk fisik.
Ya, mushaf lebih utama, namun tidak diutamakan bukan berarti tidak boleh. Seperti yang penjelasan dari Syaikh Khalid Al-Mushlih.
Anda tetap boleh membaca Al-Quran melalui gadget seperti ponsel, tablet, laptop, dan lain-lain.
Tentu tidak mungkin meninggalkan kemajuan teknologi seperti benda-benda tersebut. Selama itu bermanfaat, maka sebaiknya ikuti saja.
Meski tidak diutamakan, tetapi mengakses website baca Al-Quran online dari ponsel bisa menjadi pilihan alternatif. 
Al-Quran dalam bentuk non-fisik ini dapat diakses di mana saja. Lagi pula mungkin aktivitas Anda tidak memungkinkan membawa mushaf Al-Quran ke mana-mana. Oleh karena itu, membacanya dari website adalah pilihan yang bijak.
Cara ini juga sangat berguna bagi kaum perempuan yang sedang haid. Dalam keadaan tidak suci, website Al-Quran online bisa jadi solusi.
Pasalnya menurut pendapat ulama, perempuan yang haid atau nifas tidak boleh menyentuh mushaf. Sedangkan untuk menggenggam ponsel tidak harus dalam keadaan suci atau berwudhu.Namun beda situasinya jika Anda sedang berada di masjid. Ketika banyak mushaf di sana, maka sebaiknya tidak membaca Al-Quran dari ponsel.
Membaca Al-Quran dan Tafsirnya
Setelah memahami dalil serta penjelasan dari para ulama Anda bisa lebih tenang mempelajari Al-Quran dan tafsirnya dari ponsel.
Apa bedanya terjemahan dengan tafsir?Sederhananya, terjemahan hanya sebatas alih bahasa sebuah lafaz, misalnya ke bahasa Indonesia. Sedangkan tafsir adalah penjelasan maksud serta tujuan dari ayat-ayat Al-Quran.
Ada makna, kisah dan hikmah di balik suatu ayat. Itulah penjelasan di dalam tafsir yang memudahkan umat paham isi Al-Quran secara benar dan mendalam.Selain aksesibilitas, keuntungan dari website baca Al-Quran online adalah adanya teks Arab latin, terjemahan serta tafsir. 
Beberapa mushaf Al-Quran mencantumkan arab latin dan terjemahannya juga. Tetapi jika tafsir juga ada di sana, maka jumlah halamannya jadi akan sangat tebal.
Apalagi tafsir tidak hanya berasal dari satu sumber saja. Itulah alasan penggunaan website untuk menjelaskan tafsir ayat Al-Quran sangat tepat.
Salah satu website Al-Quran online yang menyediakan tafsir terlengkap adalah Tafsirweb.com. Anda tinggal pilih nama surat yang diinginkan lalu temukan penjelasan ayatnya dengan mengklik bagian nomor.
Selain menjadi tempat membaca Al-Quran, Tafsirweb.com telah mengklaim memiliki tafsir terlengkap di Indonesia. 
Sumber tafsirnya adalah beberapa kitab dari para ulama besar dan terpercaya. Hasilnya memberikan penjelasan yang gamblang dan akurat. 
Sangat bermanfaat untuk orang-orang yang mau belajar. Selain membaca Al-Quran, Anda juga bisa menyelami maknanya. Sebab Al-Quran adalah sebaik-baiknya panduan hidup umat muslim.
Keutamaan Belajar Tafsir Al-QuranDengan memiliki Al-Quran dalam genggaman, tidak sulit untuk membacanya setiap hari di manapun. Manfaatnya hati jadi lebih tentram dan hidup yang kita jalani pun insyaallah penuh keberkahan. 
Apalagi dengan kelengkapan fitur tafsir seperti di Tafsirweb.com. Mempelajari kandungan Al-Quran yang sarat akan keutamaan tidak pernah semudah ini. Semua penjelasan terpercaya dari para ahli tafsir terkumpul dalam satu tempat. 
Membaca tafsir membuat kita lebih sadar atas apa saja larangan dan perintah Allah SWT. Terkadang disampaikan melalui kisah yang mudah dipahami daripada sekadar terjemahan. 
Itu dapat menjadi bekal sekaligus landasan dalam berbuat di kehidupan sehari-hari. Utamanya segala hal yang kita pertanggung jawabkan di hadapan-Nya. Baik untuk diri sendiri maupun ketika bersikap di masyarakat. 
Membaca Al-Quran dengan tafsirnya, dari manapun itu akan memberi hikmah dan menuntun kita selalu di jalan yang benar. Insyaallah. Website baca Al-Quran online hanya menjadi salah satu alternatif untuk memudahkan niat tulis Anda.

Berita Terkait :  Enviva bersama J-Power lakukan upaya dekarbonisasi pembangkit listrik

Berita telah di terbitkan oleh Sumber Berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 PT KREASIK KARYA MEDIATAMA | Kreasik Network