Indeks Komoditas Pelabuhan Xinhua-SPG (XH-SPG PCI) dirilis di Qingdao

AsiaNet 92610
 

 

Qingdao, China, 27 Oktober 2021 (PressRelease/Xinhua-AsiaNet) – Pada KTT Qingdao Hubungan Darat-laut 2021 yang digelar pada 22 Oktober, Indeks Komoditas Pelabuhan Xinhua-SPG (“XH-SPG PCI”) secara resmi dirilis di Qingdao.

 

XH-SPG PCI dikembangkan dan ditetapkan oleh Shandong Port Group Co., Ltd. bekerja sama dengan China Economic Information Service berdasarkan varietas Pelabuhan Shandong yang menguntungkan. Saat ini, XH-SPG PCI yang dirilis secara resmi mencakup indeks harga minyak mentah, indeks inventaris serta masuk dan keluar bijih besi, indeks inventaris serta masuk dan keluar kokas, indeks harga billet dan indeks harga kumparan canai panas. Ia telah ditetapkan untuk benar-benar mencerminkan tren fluktuasi pasar komoditas curah Pelabuhan serta memberikan patokan nilai dan referensi yang efektif untuk aktivitas perdagangan pelabuhan.

 

Khususnya, perkiraan harga CIF minyak mentah dapat digunakan oleh perusahaan untuk memprediksi premi dan diskon perdagangan minyak mentah dalam dua bulan, dan indeks harga minyak mentah spot dapat mencerminkan harga CIF minyak mentah pada node waktu saat ini. Hasil operasi indeks tersebut menunjukkan bahwa sejak periode dasar (3 Februari 2020), indeks secara keseluruhan memiliki tren “V”, dengan penurunan diikuti kenaikan. Pada awalnya, permintaan konsumsi minyak mentah global sangat berkurang akibat merebaknya COVID-19. Setelah itu, dengan dimulainya kembali pekerjaan dan produksi di China dan pelonggaran pelepasan kapasitas produksi minyak mentah OPEC +, pasokan dan permintaan minyak mentah global tetap dalam keseimbangan yang ketat, dan indeksnya menunjukkan tren kenaikan yang bergejolak.

Berita Terkait :  4 Jenis Investasi Reksa dana Terbaik

 

Untuk indeks inventaris bijih besi, indeks masuk dan keluar bijih besi, indeks inventaris kokas serta indeks masuk dan keluar kokas, 1 Januari 2021 diambil sebagai periode dasar. Data inventaris aktual yang sesuai serta data volume masuk dan keluar bijih besi dan kokas di Pelabuhan Shandong masing-masing dikumpulkan untuk mencerminkan tren perubahan keseluruhan inventaris bijih besi dan kokas di Pelabuhan Shandong dan aktivitas sirkulasi Pelabuhan tersebut. Hasil operasi indeks menunjukkan bahwa sejak periode dasar, indeks inventaris bijih besi terutama menunjukkan tren fluktuasi horizontal. Dipengaruhi oleh pasokan tambang impor dan permintaan pedagang pedalaman dan pabrik baja, indeks masuk dan keluar bijih besi mengalami fluktuasi horizontal. Karena faktor pengendalian yang lemah seperti waktu kedatangan kapal dan pengapalan tambang, indeks masuk dan keluar secara umum mengalami fluktuasi yang relatif signifikan. Dipengaruhi oleh ketatnya pasokan batubara kokas, pemotongan kapasitas berlebih, inspeksi keselamatan dan perlindungan lingkungan yang lebih ketat, dan perubahan tingkat operasi pabrik baja hilir, indeks inventaris kokas secara umum menunjukkan tren penurunan yang fluktuatif. Indeks masuk dan keluar kokas berfluktuasi secara signifikan karena penutupan pada hari libur, perlindungan lingkungan dan pembatasan produksi, serta perubahan pasokan dan permintaan hulu dan hilir.

Berita Terkait :  Sanggupkah cukai pada makanan dapat mengurangi kebiasaan makan tidak sehat masyarakat?

 

Untuk indeks harga billet, 1 Agustus 2019 diambil sebagai periode dasar untuk mengumpulkan harga penyelesaian harian billet yang dihasilkan oleh perdagangan aktual Shandong Bulk Commodity Trading Center. Sejak periode dasar, indeks secara keseluruhan telah menunjukkan tren yang fluktuatif, dengan penurunan diikuti oleh kenaikan. Untuk indeks harga kumparan canai panas, 3 Agustus 2020 diambil sebagai periode dasar untuk mengumpulkan harga penyelesaian harian kumparan canai panas yang dihasilkan oleh perdagangan aktual Shandong Bulk Commodity Trading Center. Sejak periode dasar, indeks tersebut secara umum telah menunjukkan tren naik trapesium.

 

Menurut rencana, varietas yang terlibat dalam indeks ini akan diperkaya secara bertahap di masa depan, dan indeks tersebut juga akan diperluas untuk mencakup pelabuhan pesisir lainnya, sehingga dapat terus membangun platform informasi indeks “melihat Shandong untuk komoditas curah pelabuhan”.

 

Sumber: China Economic Information Service

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita telah di terbitkan oleh Sumber Berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 PT KREASIK KARYA MEDIATAMA | Kreasik Network