Alerzo umumkan pertumbuhan transaksi lima kali lipat di Nigeria

Teknologi Mengubah Sektor Ritel yang Sebagian Besar Dimiliki oleh Perempuan

Singapura & Ibadan, Nigeria–(PressRelease/Business Wire)- Alerzo, salah satu perusahaan rintisan (startup) B2B yang tumbuh paling pesat di Nigeria, hari ini mengumumkan bahwa volume transaksi tahunannya pada September melebihi 155 juta dolar AS, tumbuh lebih dari lima kali lipat sejak awal 2021.

Sejak penggalangan dana Seri A perusahaan tersebut musim panas ini, pasar B2B Alerzo memiliki pendapatan lebih dari dua kali lipat dan telah membangun bisnis pembayaran yang sekarang memproses lebih dari 400.000 transaksi setiap bulan.

Adewale Opaleye (“Ade”) mendirikan Alerzo di Ibadan, kota terbesar ketiga di Nigeria, pada 2019. Perusahaan ini menyediakan lebih dari 150.000 toko ritel informal—lebih dari 90% di antaranya dioperasikan oleh perempuan—dengan pengiriman gratis di hari yang sama, pembayaran tanpa uang tunai dan portofolio layanan digital lainnya yang meningkatkan profitabilitas toko sekaligus menyederhanakan kehidupan pemilik.

“Saya memulai Alerzo untuk membantu ibu saya, seorang ibu tunggal yang menjalankan dua toko ritel informal untuk menghidupi saya dan tiga saudara saya. Sebelum Alerzo, ia harus menutup tokonya dan melakukan perjalanan selama berjam-jam untuk membeli inventaris agar dapat bertahan dalam bisnis,” kata Opaleye, yang belajar fisika di Nigeria dan ilmu komputer di China. “Perempuan sering menjadi korban pencurian karena anak-anak jalanan tahu operator toko ritel sering membawa uang tunai. Saya ingin menerapkan apa yang saya pelajari di China untuk membuat hidup lebih baik bagi para ibu yang bekerja di Nigeria.”

Musim panas ini Alerzo mengakuisisi Shago Payments untuk mempercepat transformasinya dari pasar B2B ke platform teknologi serba ada. Shago, yang didirikan oleh veteran industri pembayaran Sabastine Enechi, mempercepat dorongan Alerzo ke dalam produk digital dan layanan keuangan. Dengan integrasi Shago ke dalam AlerzoPay, cabang pembayaran perusahaan tersebut, Alerzo sekarang menyediakan toko ritel informal dengan portofolio layanan digital baru seperti pengisian pulsa seluler; pembayaran tagihan dan transfer peer-to-peer.

Santie Botha, ketua Capitec Bank (Afrika Selatan), baru-baru ini bergabung dengan dewan direksi Alerzo sebagai direktur independen utama. “Saya bergabung dengan dewan direksi Alerzo karena saya terinspirasi oleh kisah hidup Ade dan berbagi komitmen Alerzo untuk memberdayakan perempuan pekerja di Afrika,” ujar Botha.

Iyinoluwa Aboyeji, salah satu pendiri Flutterwave dan Andela serta anggota dewan penasihat Alerzo mengatakan: “Kebanyakan bisnis membicarakan permainan yang bagus tentang inklusi keuangan dan ekonomi tetapi kemudian memfokuskan bisnis mereka pada kota-kota besar yang cerdas secara komersial seperti Lagos atau Nairobi. Fokus Alerzo pada komunitas perdagangan yang dikecualikan tetapi layak secara komersial di kota-kota kecil seperti Ibadan adalah teladan dan visioner. Saya terinspirasi oleh fokus mereka pada komunitas yang benar-benar dikecualikan.”

Selain Aboyeji, dewan penasihat Alerzo termasuk eksekutif senior yang pernah bekerja di KKR, Facebook, Wellington Management dan Galaxy Digital.

Christina Sass, salah satu investor Alerzo dan salah satu pendiri Andela, berkata: “Alerzo adalah salah satu perusahaan sosial yang langka di mana misi sosial yang jelas dan kuat berhasil seiring dengan kinerja keuangan perusahaan tersebut.”

Pada September, Alerzo memperluas operasinya ke wilayah Sabuk Tengah dan Utara Nigeria, dan sekarang beroperasi di Abuja dan Kano. Perusahaan ini berencana untuk melayani sebagian besar Nigeria sebelum akhir tahun depan.

Tentang Alerzo

Alerzo, yang berkantor pusat di Singapura dan Ibadan, Nigeria, adalah platform teknologi dan layanan lengkap yang mengubah cara toko ritel informal Nigeria beroperasi. Dengan Alerzo, pengecer dapat memesan stok, mengirimkannya dengan cepat, menerima dan melakukan pembayaran tanpa uang tunai, melacak profitabilitas toko dengan lebih baik, serta memfasilitasi portofolio layanan digital termasuk pembelian pulsa, pembayaran tagihan, dan transfer peer-to-peer. Kunjungi kami di www.alerzo.com atau ikuti kami di LinkedIn, dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang Alerzo, silakan hubungi kami di IR@alerzo.com.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20211006005148/en/

Kontak
Debra Cope, +1-202-468-3814, PR@Alerzo.com

Sumber: Alerzo

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Berita Terkait :  Sanggupkah cukai pada makanan dapat mengurangi kebiasaan makan tidak sehat masyarakat?

Berita telah di terbitkan oleh Sumber Berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 PT KREASIK KARYA MEDIATAMA | Kreasik Network