Sambut hari jadi ke-22, KKP adakan lomba jurnalistik

Jakarta (PressRelease) — Dalam rangka menyambut hari jadi ke-22 yang jatuh pada tanggal 26 Oktober 2022, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengadakan lomba Jurnalistik “Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari”. Mengusung tema Ekonomi Biru untuk Indonesia lomba ini terbuka untuk semua wartawan dari berbagai media.

“Perayaan HUT KKP ke-22 ini diharapkan dapat menggelorakan semangat seluruh jajaran KKP, dan harapan publik terkait KKP untuk menjadi tumpuan ekonomi bangsa bisa terwujud,” ucap Kepala Biro Humas dan Kerjasama Luar Negeri KKP, Agung Tri Prasetyo dalam Press Conference Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari, Jumat.

Agung menyebutkan bahwa pendaftaran lomba dibuka mulai tanggal 5-22 Oktober 2021 dan KKP mengadakan kegiatan-kegiatan internal dan eksternal. Di mana kegiatan internal adalah kegiatan yang hanya diikuti oleh para staf KKP mulai dari kegiatan donor darah, bakti sosial, dll. Sedangkan kegiatan eksternal adalah lomba Jurnalistik yang bisa diikuti oleh media massa di seluruh Indonesia.

Terdapat tiga kategori lomba Jurnalistik yaitu Media Cetak, Media Online, dan Foto Jurnalistik. Ketua Tim Pelaksana HUT KKP ke-22 Doni Ismanto menyebutkan bahwa nantinya tidak hanya jurnalis saja yang dapat ikut serta dalam perlombaan ini, karena kategori lomba terbagi untuk yang jurnalis dan non-jurnalis.

“Kita juga mengadakan lomba untuk teman-teman non-jurnalis dalam kategori Media Online, yaitu membuat kreasi video TikTok,” kata Doni.

Doni juga menjelaskan bahwa makna dari tema Ekonomi Biru untuk Indonesia adalah menyeimbangkan antara ekologi dan ekonomi di Indonesia seperti yang sering dipaparkan oleh Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono.

Peserta lomba nantinya dapat memilih satu dari empat tema lomba berikut ini:
• Penangkapan Terukur
• Dukungan PNPB Sektor Kelautan dan Perikanan
• Komoditas Ekspor Budidaya Berbasis Kawasan
• Pengentasan Kemiskinan Melalui Kampung-Kampung Budidaya

Karya-karya jurnalistik yang dapat diikutsertakan dalam lomba dapat merupakan hasil publikasi di media pada periode 1 Agustus – 22 Oktober 2021.

“Jadi kalau dari tanggal 1 Agustus kemarin teman-teman memiliki publikasi media yang berhubungan dengan keempat tema di atas, boleh diikutsertakan dalam lomba,” jelas Doni.

Acara lomba “Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari” mengundang juri-juri eksternal yaitu:
• Ardhi Suryadi, Wakil Pemimpin Redaksi Detikcom
• Lukita Grahadyarini, Jurnalis Harian Kompas
• Melly Riana Sari, Jurnalis Foto

Lomba ini berhadiah total sebesar Rp100 juta untuk semua kategori.

Bagi yang berminat turut serta dalam perlombaan ini dapat langsung mengirimkan hasil karya yang dilengkapi dengan KTP, Kartu Pers, serta bukti tayang di media ke email humas.kkp@kkp.go.id dengan subyek Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari paling lambat 22 Oktober 2021 pukul 23:59 WIB. Setiap peserta boleh mengirimkan karya lebih dari satu.

Para pemenang akan diumumkan pada acara puncak “Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari” yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2021.

Berita Terkait :  Sandbox akuisisi perusahaan game edukasi seluler Edujoy dan Tellmewow

Berita telah di terbitkan oleh Sumber Berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 PT KREASIK KARYA MEDIATAMA | Kreasik Network