Forum Ekselen BUMN kembali menggelar BPEA 2021

Jakarta (PressRelease) – Forum Ekselen BUMN (FEB) menggelar BUMN Performance Excellence Award atau BPEA Tahun 2021 dalam rangka mengapresiasi BUMN-BUMN yang telah bekerja mengelola bisnis ekselen dengan membangun daya saing.

“Sebagai kelanjutan dari setiap proses asesmen, Forum Ekselen BUMN (FEB) menggelar BPEA (Business Performance Excellence Award), yang merupakan ajang penghargaan kepada BUMN yang telah bekerja mengelola bisnis ekselen dengan membangun daya saing melalui integrasi berbagai sistem manajemen hingga mencapai kinerja ekselen tertentu,” tutur Ketua Umum FEB Agung Yunanto.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa sampai dengan saat ini FEB dengan pembinaan dari Kementerian BUMN, telah melaksanakan BPEA pada tahun 2017 dan 2019. Tahun 2017, merupakan BPEA pertama dan berbeda dengan penghargaan lainnya.

Penghargaan BPEA berupa pemberian Trophy serta Piagam Penghargaan atas Pencapaian Excellence Level Perusahaan, yaitu tingkat kinerja ekselen yang dicapai perusahaan sesuai hasil asesmen yang dilakukan dengan mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (disebut KPKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2012.

“Implementasi KPKU sejak 2012 telah membuahkan hasil dengan tumbuhnya berbagai BUMN yang telah mencapai band score Good Performance, Emerging Industry Leader, dan Industry Leader,” kata Agung.

Adapun kategori-kategori penghargaan yang diberikan dalam BPEA 2021, antara lain Leading in Technology Capability, Mature in Technology Capability, Developing in Technology Capability, The Best Resilience Company, Business Excellence Achievement Award, The Best in Digital Transformation Responsiveness, dan The Best in Substitution Energy Technology, The Best Company Leadership dan The Best Market Growth.

Berita Terkait :  Kioxia hadirkan performa PCIe® 4.0 untuk pengguna PC sehari-hari

Dalam perhelatan BPEA Tahun 2021 itu, FEB juga menggelar Seminar bertemakan “Pengelolaan Kinerja BUMN untuk Kesinambungan Usaha yang Sehat dan Kompetitif” dengan menghadirkan sejumlah pembicara antara lain Associate Director BUMN Research Group Lembaga Manajemen Universitas Indonesia Dr. Toto Pranoto, VP Network/IT Strategy, Technology and Architecture PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Dr Rizal Akbar, Direktur Utama PT Biofarma (Persero) Honesti Basyir, dan Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Suryo Eko Hadianto.

Forum Ekselen BUMN (FEB) adalah organisasi nirlaba yang tidak berorientasi politik dan memiliki misi mendorong kinerja ekselen melalui penerapan model bisnis Ekselen – Malcolm Baldridge Criteria For Performance Excellence (MBCFPE) di lingkungan BUMN. Malcom Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) ini kemudian diadaptasi dan diadopsi oleh Kementerian BUMN menjadi Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU).

KPKU ini dijadikan sebagai referensi bagi setiap BUMN di dalam membangun kinerja ekselennya. Forum ini didirikan pada tanggal 13 Februari 2003 dan beranggotakan para praktisi BUMN.

Berita Terkait :  DigitalBridge umumkan investasi IFC untuk tingkatkan infrastruktur digital

FEB sendiri memiliki visi menjadi mitra strategis terpercaya dan terdepan dalam membangun kompetensi perusahaan kelas dunia melalui penerapan Model Bisnis Ekselen. Forum ini juga merupakan wadah bagi para karyawan BUMN; pengelola maupun para pemerhati kinerja ekselen di lingkungan BUMN untuk saling berinteraksi, melakukan pembelajaran dan menjadi wadah di mana para anggotanya dapat melakukan sinergi untuk kemajuan pengelolaan kinerja Ekselen BUMN.

FEB sendiri memiliki misi, antara lain menjalankan organisasi secara profesional, memberi pengetahuan yang memiliki nilai tambah bagi BUMN dan KBUMN melalui pelatihan dan berbagi pengetahuan berbasis praktik terbaik kelas dunia, melakukan sinergi dengan KBUMN dan BUMN untuk membangun kompetensi perusahaan kelas dunia melalui penerapan Model Bisnis Ekselen, serta menyiapkan sumber daya manusia yang inovatif, kredibel dan berintegritas di BUMN untuk implementasi manajemen kinerja ekselen.

Keberadaan FEB diharapkan mampu menjadi mitra untuk memberikan pemikiran – pemikiran strategik dan kebijakan – kebijakan dalam bentuk saran kajian, masukan, pendapat dan rekomendasi kepada Kementerian BUMN dan masing-masing BUMN serta kepada pihak -pihak terkait lainnya, terutama yang berhubungan dengan pengembangan dan peningkatan kinerja ekselen BUMN.

Berita telah di terbitkan oleh Sumber Berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 PT KREASIK KARYA MEDIATAMA | Kreasik Network