Peneliti NTHU kembangkan perangkat trombolitik pusaran ultrasonik

Hsinchu, Taiwan (PressRelease.co.id)- Karena vaksinasi COVID-19 telah menimbulkan masalah trombosis, Dr. Chih-Kuang Yeh, Profesor Terhormat dari Departemen Teknik Biomedis dan Ilmu Lingkungan, telah memimpin tim peneliti untuk mengembangkan perangkat trombolitik pusaran ultrasonik pertama di dunia dan untuk mengobati trombosis dengan cepat dan aman. Penelitian ini telah diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) pada tahun 2021. Selain itu, paten AS dan UE diberikan, dengan lebih banyak permohonan sedang diajukan.

Untuk melihat rilis pers multimedia selengkapnya, klik di sini: https://www.businesswire.com/news/home/20210924005015/en/

Perangkat ini dikembangkan untuk memecahkan dua trombosis umum yang disebut emboli paru (Pulmonary Embolism/PE) dan trombosis vena dalam (Deep Vein Thrombosis/DVT), yang memiliki prevalensi global 10 juta kasus baru setiap tahun. DVT adalah penyebab utama PE, dan PE dapat menyebabkan gagal jantung dan memiliki angka kematian hingga 65%. Profesor Yeh menjelaskan bahwa pilihan pengobatan saat ini termasuk kateter pengiriman obat dan perangkat trombektomi, tetapi mereka tidak cukup efektif atau dapat menimbulkan risiko perdarahan. Hal inilah yang memotivasinya untuk meneliti solusi yang lebih efektif dan aman.

Bekerja dengan mitra industri, tim Yeh telah mengembangkan perangkat ultrasonik 0,2 mm, yang dapat menghasilkan pusaran ultrasonik seperti tornado dan menciptakan turbulensi yang kuat di sekitar trombus, sehingga meningkatkan penetrasi obat trombolitik dan menghasilkan trombolisis yang sangat efektif. Residu trombus terlarut hanya 0,001 cm.

Berita Terkait :  5 alasan mengapa harus pilih iPhone 11!

“Saya pernah melihat gumpalan darah yang panjangnya lebih dari 40 cm. Hanya menggunakan obat untuk melarutkannya saja terlalu lambat,” jelas Yeh. “Ini seperti mencuci pakaian. Hanya merendam pakaian dalam deterjen tidak akan cukup. Agitasi dengan mesin cuci adalah langkah penting untuk membersihkan pakaian dengan cepat.”

Yeh mengatakan bahwa penelitian pada hewan telah menunjukkan hasil penyusutan trombus 60% di otak tikus setelah menerapkan pusaran ultrasonik selama sepuluh menit, menunjukkan potensi pengobatan cepat. Terlebih lagi, properti umpan balik ultrasound dapat digunakan untuk pemantauan perawatan waktu nyata.

Yeh menambahkan bahwa timnya juga bekerja menggunakan pusaran ultrasonik untuk trombolisis non-invasif, yang memberikan potensi untuk mengobati emboli di otak. Selain itu, saat menggabungkan dengan gelembung mikro untuk pelepasan obat yang terkontrol, pengobatan untuk gangguan neurologis seperti penyakit Parkinson dan epilepsi, akan menjadi mungkin.

Berkaca pada bagaimana dia pertama kali tertarik pada pusaran ultrasonik, Yeh ingat bahwa itu adalah perjalanan keluarga ke museum ilmu kelautan sepuluh tahun yang lalu. Berdiri di dekat pameran waterspout, ia menemukan ide bahwa gelombang ultrasonik dapat melakukan hal serupa dan mungkin berguna untuk beberapa aplikasi medis.

Berita Terkait :  MOKKOJI KOREA selenggarakan acara spesial untuk K-popers di Indonesia

Tim Yeh bernama VorteSonic, kombinasi dari vortex (pusaran) dan gelombang sonik. Anggota tim inti termasuk Ph.D. siswa Wei-Chen Lo dan Zong-Han Hsieh, yang bertanggung jawab atas transduser ultrasonik dan sistem penggerak; dan Dr. Chun-Yen Lai, yang akan memimpin tim setelah menjalankan startup dari universitas. Dr. Lai memiliki pengalaman di bidang akademis dan industri, dan merupakan rekan tamu yang bekerja pada perangkat medis inovatif di Universitas Stanford di AS.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20210924005015/en/

Kontak
Holly Hsueh
NTHU
(886)3-5162006
hoyu@mx.nthu.edu.tw

Sumber: National Tsing Hua University

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Berita ini di terbitkan oleh Sumber Berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 PT KREASIK KARYA MEDIATAMA | Kreasik Network