Press Release

Mengetahui Struktur Dan Macam-Macam Press Release

Dian Hadi Saputra

Mengetahui Struktur Dan Macam-Macam Press Release

Mengetahui Struktur Dan Macam-Macam Press Release – Dengan adanya sebuah Press Release, suatu perusahaan atau suatu lembaga tersebut akan lebih dikenal oleh banyak orang sehingga bisa meningkatkan citra sebuah perusahaan atau sebuah lembaga tersebut. Namun, saat ini masih ada beberapa perusahaan atau lembaga yang belum menggunakan Press Release.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi perusahaan atau institusi untuk menggunakan Press Releases. Namun, sebagian orang belum mengetahui apa itu Press Release. Di bawah ini akan dibahas tentang Struktur dan Macam-macam Press Release.

Struktur Press Release

Untuk mempermudah dalam membuat Press Release, maka perlu diketahui struktur-strukturnya. Lihat struktur Press Release di bawah ini.

Judul (head)

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membuat Press Release adalah judul. Judul harus dibuat semenarik mungkin agar informasi yang diberikan dapat dibaca secara luas. Selain itu, penulisan judul harus mewakili isi yang terdapat dalam Press Release. Judul dengan sebuah kalimat aktif akan memudahkan para pembaca untuk dapat memahami sebuah pesan atau maksud dari sebuah informasi yang disampaikan oleh perusahaan atau institusi.

Teras (lead)

Setelah judul, struktur selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah inti atau lead. Teras dalam Press Release dapat diartikan sebagai bagian pembuka sebuah berita. Oleh karena itu, biasanya teras berada di bagian paling awal dan paling atas berita. Dalam penulisan teras sebaiknya menggunakan suatu subjek yang ditambahkan unsur 5W+1H dan ditulis secara singkat, jelas, dan padat.

Isi (body)

Metode piramida terbalik sangat baik digunakan dalam pembuatan konten Press Release. Metode piramida terbalik menempatkan informasi terpenting di bagian atas atau awal berita. Setelah itu, secara bertahap informasi umum ditulis di bawahnya, kemudian informasi yang kurang bermakna ditulis di bawahnya. Informasi penting yang diletakkan pada bagian atas atau awal bertujuan untuk menarik hati semua para pembaca.

Pada dasarnya dalam membuat Press Release tidak hanya memperhatikan strukturnya saja, tetapi perlu memperhatikan beberapa hal, seperti kapan Press Release akan disiarkan, tanggal Press Release dibuat, memberikan kontak perusahaan atau instansi di akhir Press Release, menggunakan elemen 5W+1H, dan menghindari istilah khusus.

Macam-Macam Press Release

Press Release merupakan salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan atau lembaga untuk memperkenalkan diri agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Basic Publicity Release

Basic Publicity Release adalah Press Release yang hanya memberikan informasi dalam suatu perusahaan atau lembaga. Selain itu, informasi yang diberikan memiliki nilai berita yang dapat diterima oleh media massa, baik itu nilai bagi media lokal maupun nilai bagi media nasional.

Product Release

Product Release adalah sebuah Press Release yang hanya berfokus pada soft selling atau promosi sebuah produk baru, sebuah perusahaan baru, dan sejenisnya. Namun biasanya Product Release biasanya dipakai untuk mempromosikan sebuah produk baru dari suatu perusahaan. Pada umumnya press release jenis ini dimuat di media-media yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis.

Financial Release

Financial Release merupakan Sebuah Press Release yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan sebuah informasi mengenai sebuah kondisi keuangan perusahaan kepada masyarakat luas. Namun Press Release Financial Release sangat paling dilakukan oleh sebuah perusahaan. Jika ada perusahaan yang membuat Financial Release, kemungkinan besar masyarakat luas akan percaya dengan perusahaan tersebut.

Demikian ulasan tentang Mengetahui Struktur Dan Macam-Macam Press Release semoga bermanfaat.

Bagikan:

[addtoany]

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar