Press Release

5 Tips Mengirim Press Release Agar Tayang Di Media

Dian Hadi Saputra

5 Tips Mengirim Press Release Agar Tayang Di Media

Tips Mengirim Press Release Agar Tayang Di Media – Semua perusahaan, baik besar maupun kecil, ingin mendapatkan perhatian dari masyarakat, salah satunya melalui media massa. Karena itulah, kali ini Kami akan membeberkan beberapa cara mendapatkan liputan media dengan benar, baik melalui email redaksi, email pribadi jurnalis, Whatsapp, hingga pertemuan tatap muka atau menggunakan jasa Press release lebih mudah dan simple.

Cara Mengirim Press Release ke media perlu diketahui, terutama untuk para pegiat humas dan jurnalistik. Mengingat press release adalah salah satu hal penting dalam dunia jurnalistik. Oleh karena itu, cara mengirimkan press release tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dilakukan dengan langkah yang tepat.

Namun sebelum masuk ke inti artikel yaitu langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mengirimkan press release, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa itu press release, manfaat dan tujuan Press Release. Hal ini untuk memperkuat pengetahuan tentang press release agar terkirim dengan benar.

Cara Mengirim Press Release ke Media Nasional

Cara mengirim press release ke media adalah inti dari apa yang perlu Anda pelajari tentang dunia press release. Sebab, cara pengiriman press release yang salah akan menyebabkan suatu produk Anda tidak berhasil untuk dipublikasikan dan tidak terserap oleh suatu media massa. Berikut di bawah ini merupakan berbagai tips tentang cara untuk mengirim Press Release ke sebuah media nasional Indonesia yang perlu Anda pahami, antara lain:

  • Mencari Agensi Penerbitan Press Release

Hal utama yang perlu Anda lakukan untuk mengirim suatu Press Release Anda ke sebuah media adalah menemukan suatu agen penerbitan Press Release, jangan lupa hubungi agen pressrelease.co.id/jasa. Hal ini tentunya sangat mudah untuk Anda lakukan mengingat internet telah menjadi wahana penelitian di sekitar lembaga penerbitan atau press release broadcaster.

  • Memahami Ketentuan Yang Ditetapkan Oleh Agensi

Setelah menemukan agensi yang tepat, tentunya Anda harus memahami dengan jelas apa saja syarat-syarat yang diterapkan oleh sebuah agensi agar bisa mempublikasikan atau menyiarkan press release Anda. Pelajari persyaratan ini dan sesuaikan dengan produk Press Release Anda sehingga persentase tingkat kelulusan Press Release lebih tinggi.

  • Menunggu Proses Seleksi Dan Publikasi

Cara terakhir untuk mengirimkan press release ke media adalah dengan menunggu proses seleksi dan siaran atau publikasi. Sebab, hasilnya sudah diserahkan sepenuhnya ke instansi. Beberapa tips di atas perlu Anda pahami dan sangat disarankan untuk memastikan karya Anda telah terkirim dengan baik sehingga tidak ada pengecualian dalam publikasi.

  • Whatsapp Pribadi Jurnalis

Untuk mendapatkan kontak WA pribadi dari seorang jurnalis, Anda dapat terhubung melalui LinkedIn untuk meminta nomor WA-nya secara langsung, atau mencari kontaknya melalui rekan Anda. WA pribadi seorang jurnalis adalah cara yang jauh lebih efektif untuk mendapatkan liputan media. Alasannya karena pesan WA akan lebih mudah menarik perhatian wartawan, sehingga dia akan lebih cenderung membaca rilis dan membalas pesan Anda.

Namun, pengiriman rilis ke nomor pribadi wartawan tidak bisa dilakukan sembarangan. Berdasarkan pengalaman yang kami rangkum dari rekan-rekan jurnalis kami, mereka akan sangat terganggu jika menerima rilis yang tidak sesuai dengan meja mereka.

  • Inbox Pribadi Jurnalis

Meski tidak sesulit dalam menembus inbox editor, mendapatkan liputan suatu berita melalui sebuah email pribadi dari wartawan juga bukan sebuah hal yang mudah. Berdasarkan pengalaman dari rekan-rekan kami yang juga seorang jurnalis sebelumnya, tidak jarang ditemukan angka 9999+ pada inbox notifikasi mereka.

Inilah alasan kenapa mendapatkan sebuah liputan dengan mengirimkan sebuah Press Release langsung pada sebuah email pribadi seorang jurnalis tidaklah mudah. Jika Anda beruntung, jurnalis mungkin tertarik dengan pembebasan Anda jika Anda menggunakan subjek email yang menarik.

Demikian ulasan tentang Tips Mengirim Press Release Agar Tayang Di Media semoga bermanfaat.

Bagikan:

[addtoany]

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar