Cara Membuat Google Form

Dian Hadi Saputra

1. Pendahuluan

Google Form adalah layanan yang disediakan oleh Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat survei atau kuesioner online. Dengan Google Form, pengguna dapat memperoleh tanggapan dari orang-orang dengan mengirimkan tautan khusus kepada mereka. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah lengkap untuk membuat Google Form dengan mudah dan efektif.

2. Langkah Pertama: Masuk ke Akun Google Anda

Langkah pertama dalam membuat Google Form adalah masuk ke akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda harus membuat satu terlebih dahulu. Setelah masuk ke akun Google, cari dan klik aplikasi “Google Form” di layar beranda.

Berita Terkait :  Cara Dapat Uang 500rb Sehari

3. Langkah Kedua: Buat Formulir Baru

Setelah Anda masuk ke Google Form, Anda akan melihat berbagai pilihan formulir yang telah dibuat sebelumnya. Untuk membuat formulir baru, klik tombol “+” di sudut kanan bawah layar. Ini akan membuka jendela baru di mana Anda dapat memulai membuat formulir kustom Anda.

4. Langkah Ketiga: Tambahkan Pertanyaan dan Pilihan Jawaban

Sekarang kita akan memulai menambahkan pertanyaan dan pilihan jawaban ke formulir kita. Anda dapat menentukan jenis pertanyaan yang ingin Anda ajukan, seperti pilihan ganda, isian singkat, atau opsi drop-down. Pilihlah jenis pertanyaan yang sesuai dengan tujuan Anda dan tambahkan jumlah pertanyaan yang diperlukan.

5. Langkah Keempat: Atur Tampilan dan Tema

Setelah menambahkan pertanyaan, Anda dapat mengatur tampilan dan tema formulir Anda. Anda dapat memilih warna, latar belakang, dan font yang berbeda untuk membuat formulir Anda terlihat menarik. Jangan lupa untuk mengubah judul formulir menjadi sesuatu yang sesuai dengan konten Anda.

6. Langkah Kelima: Bagikan Tautan Formulir

Saat formulir Anda sudah lengkap, Anda dapat membagikan tautan formulir kepada orang-orang yang ingin Anda mintai tanggapan. Caranya adalah dengan menyalin tautan formulir dari jendela formulir dan mengirimkannya melalui email, media sosial, atau metode komunikasi lainnya. Orang-orang yang menerima tautan akan dapat mengisi formulir Anda.

Berita Terkait :  Cara Dapat Uang dari TikTok

7. Langkah Keenam: Lihat Laporan dan Analisis

Setelah Anda mulai menerima tanggapan dari formulir Anda, Anda dapat melihat laporan dan analisis yang terkait dengan jawaban yang diberikan. Google Form memberikan alat bantu analisis yang berguna, seperti grafik, tabel, dan ringkasan respon. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membuat keputusan yang berdasarkan data.

Langkah Deskripsi
1 Masuk ke akun Google Anda
2 Buat formulir baru
3 Tambahkan pertanyaan dan pilihan jawaban
4 Atur tampilan dan tema
5 Bagikan tautan formulir
6 Lihat laporan dan analisis

FAQ

1. Apa itu Google Form?

Google Form adalah layanan yang disediakan oleh Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat survei atau kuesioner online.

2. Berapa biaya untuk menggunakan Google Form?

Google Form adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk pengguna akun Google.

3. Apakah saya perlu menginstal perangkat lunak tambahan untuk menggunakan Google Form?

Tidak, Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak tambahan. Google Form dapat diakses melalui browser web.

4. Bisakah saya mengubah tema dan tampilan formulir saya setelah selesai membuatnya?

Ya, Anda dapat mengubah tema dan tampilan formulir Anda setelah selesai membuatnya. Google Form menyediakan opsi untuk memodifikasi tampilan formulir Anda.

5. Apakah saya dapat melihat siapa yang telah mengisi formulir saya?

Ya, Anda dapat melihat laporan dan analisis yang terkait dengan jawaban yang diberikan. Anda dapat melihat siapa yang telah mengisi formulir Anda.

6. Apakah saya dapat menambahkan gambar ke dalam pertanyaan formulir?

Ya, Anda dapat menambahkan gambar ke dalam pertanyaan formulir. Google Form menyediakan opsi untuk menambahkan gambar dari komputer atau dari URL.

7. Bagaimana cara membagikan tautan formulir kepada responden?

Anda dapat menyalin tautan formulir dari jendela formulir dan mengirimkannya melalui email, media sosial, atau metode komunikasi lainnya.

Bagikan:

Tags