Cara Screenshot Samsung

Dian Hadi Saputra

Pendahuluan

Daftar Isi

Samsung telah menjadi salah satu merek ponsel terkemuka di dunia. Dengan berbagai model yang tersedia, Samsung telah memberikan pengguna ponsel banyak pilihan yang berguna untuk berbagai kebutuhan mereka. Salah satu kemampuan penting yang dimiliki oleh ponsel Samsung adalah kemampuan untuk mengambil screenshot. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara mengambil screenshot di perangkat Samsung dengan langkah-langkah yang jelas dan detail.

Berita Terkait :  Cara Reset HP Samsung: Mengatasi Masalah dan Memulihkan Pengaturan Default

Langkah-langkah Mengambil Screenshot di Perangkat Samsung

Mengambil screenshot di perangkat Samsung sangatlah mudah. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Temukan Tombol Power dan Tombol Volume Down

Pertama-tama, Anda perlu menemukan tombol power dan tombol volume down di perangkat Samsung Anda. Tombol power biasanya berada di sisi kanan perangkat, sedangkan tombol volume down biasanya berada di sisi kiri.

Langkah 2: Persiapkan Tampilan yang Ingin Anda Screenshot

Selanjutnya, persiapkan tampilan yang ingin Anda screenshot. Misalnya, jika Anda ingin mengambil screenshot halaman utama ponsel, pastikan ponsel ditampilkan di halaman utama.

Langkah 3: Tekan Tombol Power dan Volume Down secara Bersamaan

Selanjutnya, tekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik.

Langkah 4: Periksa Screenshot Anda

Setelah Anda melepaskan tombol, Anda akan melihat efek flash di layar ponsel dan mendengar suara kamera. Ini menandakan bahwa screenshot Anda telah berhasil diambil. Anda dapat memeriksa screenshot dengan membuka galeri foto di perangkat Anda atau melalui notifikasi yang muncul di layar.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Screenshot Samsung

Kelebihan Cara Screenshot Samsung:

1. Mudah digunakan: Cara mengambil screenshot di perangkat Samsung sangatlah mudah dan simpel.

2. Tidak memerlukan aplikasi tambahan: Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk mengambil screenshot di perangkat Samsung.

3. Mendukung banyak fitur tambahan: Perangkat Samsung biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan berguna yang dapat digunakan saat mengambil screenshot.

4. Menyimpan tangkapan layar secara otomatis: Setelah mengambil screenshot, perangkat Samsung akan secara otomatis menyimpan tangkapan layar Anda di galeri foto.

5. Bisa digunakan dalam berbagai situasi: Screenshot di perangkat Samsung dapat digunakan dalam berbagai situasi, seperti berbagi informasi, memperbaiki masalah teknis, atau menjaga rekam jejak.

6. Kompatibel dengan berbagai model Samsung: Metode screenshot ini berlaku untuk berbagai model ponsel Samsung.

7. Dapat digunakan di berbagai sistem operasi: Cara screenshot di perangkat Samsung dapat digunakan di berbagai sistem operasi, termasuk Android dan Tizen.

Berita Terkait :  Cara Cek No Smartfren

Kekurangan Cara Screenshot Samsung:

1. Tidak intuitif untuk beberapa pengguna: Bagi pengguna yang masih baru dalam menggunakan ponsel Samsung, metode screenshot ini mungkin terasa tidak intuitif dan memerlukan waktu untuk beradaptasi.

2. Tombol yang ditekan bersama-sama sering terjadi kesalahan: Beberapa pengguna mungkin menghadapi kesulitan dalam menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan, dan ini bisa menyebabkan kesalahan saat mengambil screenshot.

3. Tangkapan layar kadang-kadang tidak jelas: Terkadang, tangkapan layar di perangkat Samsung mungkin tidak jelas atau memiliki kualitas gambar yang kurang baik.

4. Tidak dapat mengambil screenshot sepanjang video: Metode ini tidak memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot sepanjang durasi video yang sedang diputar di perangkat Samsung.

5. Tidak ada opsi penyaringan atau anotasi langsung: Setelah mengambil screenshot, perangkat Samsung tidak menyediakan opsi langsung untuk melakukan penyaringan atau anotasi pada tangkapan layar tersebut.

6. Tangkapan layar bisa memenuhi penyimpanan: Banyak pengguna yang mengambil screenshot secara teratur, dan ini dapat memenuhi penyimpanan di perangkat Samsung.

7. Tidak ada opsi tangkapan layar panjang: Saat mengambil tangkapan layar, perangkat Samsung tidak menyediakan opsi untuk mengambil tangkapan layar panjang seperti pada beberapa merek ponsel lainnya.

Tabel Informasi Lengkap tentang Cara Screenshot Samsung

Model/Android Version Metode Screenshot Ket
Galaxy S21/S21+/S21 Ultra (Android 11) Tekan tombol Power dan Tombol Volume Down bersamaan Menggunakan tombol yang ada di sisi kanan perangkat
Galaxy S20/S20+/S20 Ultra (Android 10) Tekan tombol Power dan Tombol Volume Down bersamaan Menggunakan tombol yang ada di sisi kanan perangkat
Galaxy Note20/Note20 Ultra (Android 10) Tekan tombol Power dan Tombol Volume Down bersamaan Menggunakan tombol yang ada di sisi kanan perangkat
Galaxy A51/A71 (Android 10) Tekan tombol Power dan Tombol Volume Down bersamaan Menggunakan tombol yang ada di sisi kanan perangkat
Galaxy M31 (Android 10) Tekan tombol Power dan Tombol Volume Down bersamaan Menggunakan tombol yang ada di sisi kanan perangkat

FAQ tentang Cara Screenshot Samsung

1. Apa yang harus saya lakukan jika tombol screenshot di perangkat Samsung tidak berfungsi?

Jawaban FAQ 1

2. Bisakah saya mengambil screenshot tanpa menekan tombol power?

Jawaban FAQ 2

3. Bagaimana cara mengubah lokasi penyimpanan screenshot di perangkat Samsung?

Jawaban FAQ 3

4. Dapatkah saya mengambil screenshot sepanjang halaman web di perangkat Samsung?

Jawaban FAQ 4

5. Apakah saya dapat mengambil screenshot saat sedang memutar video di perangkat Samsung?

Jawaban FAQ 5

6. Dapatkah saya mengambil screenshot pada Samsung Galaxy dengan S Pen?

Jawaban FAQ 6

7. Bisakah saya mengambil screenshot menggunakan tombol virtual di perangkat Samsung?

Jawaban FAQ 7

8. Apakah tangkapan layar di perangkat Samsung tetap berkualitas baik saat diunggah ke media sosial?

Jawaban FAQ 8

9. Bisakah saya mengambil screenshot dengan menggunakan perangkat Samsung yang memiliki tombol home?

Jawaban FAQ 9

10. Dapatkah saya mengambil screenshot pada perangkat Samsung yang sedang berada dalam mode layar terkunci?

Jawaban FAQ 10

11. Bagaimana cara menghapus screenshot yang diambil di perangkat Samsung?

Jawaban FAQ 11

12. Dapatkah saya mengambil screenshot pada perangkat Samsung yang tidak memiliki tombol volume?

Jawaban FAQ 12

13. Apakah screenshot saya akan hilang jika saya mereset perangkat Samsung?

Jawaban FAQ 13

Bagikan:

Tags