Cara Membuat Lamaran Kerja

Dian Hadi Saputra

Pendahuluan

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Salah satu tahap penting dalam mencari pekerjaan adalah membuat lamaran kerja yang baik dan menarik. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan praktis tentang cara membuat lamaran kerja yang efektif. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

1. Menyusun Daftar Keahlian dan Pengalaman

Langkah pertama dalam membuat lamaran kerja yang baik adalah menyusun daftar keahlian dan pengalaman Anda. Anda perlu mencatat semua keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Juga, cantumkan pengalaman kerja yang memperkuat kemampuan Anda dan relevan dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Ingatlah untuk menjelaskan secara singkat setiap pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki.

2. Menentukan Format Lamaran Kerja

Setelah menyusun daftar keahlian dan pengalaman, langkah berikutnya adalah menentukan format lamaran kerja yang akan Anda gunakan. Format lamaran kerja yang umum digunakan adalah surat lamaran dan curriculum vitae (CV). Surat lamaran biasanya digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik, sementara CV digunakan untuk pekerjaan yang lebih berorientasi pada pengalaman dan keterampilan teknis.

Berita Terkait :  Panduan Lengkap tentang Cara Mengurus Kartu PKH Agar Bisa Mendapatkan Bantuan Sosial

3. Menulis Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja harus menyampaikan niat Anda untuk melamar pekerjaan dan mengapa Anda tertarik pada posisi itu. Juga, cantumkan keahlian dan pengalaman Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Pastikan untuk menjelaskan dengan jelas mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut dan apa yang Anda bisa berikan kepada perusahaan.

4. Menyusun Curriculum Vitae

Curriculum vitae (CV) harus mencakup informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, sertifikasi, dan referensi. Pastikan untuk menyusun CV Anda dengan rapi dan mudah dibaca. Cantumkan semua informasi yang relevan dengan pekerjaan yang Anda inginkan dan hindari informasi yang tidak perlu atau tidak relevan.

5. Menyesuaikan Lamaran dengan Posisi yang Dilamar

Penting untuk menyesuaikan lamaran kerja Anda dengan posisi yang Anda lamar. Baca deskripsi pekerjaan dengan seksama dan identifikasi kebutuhan yang diinginkan oleh perusahaan. Kemudian, cantumkan keahlian, pengalaman, atau prestasi yang relevan dengan kebutuhan tersebut dalam lamaran kerja Anda. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan Anda dipertimbangkan untuk posisi tersebut.

6. Memeriksa Kembali dan Melengkapi Lamaran

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, penting untuk memeriksa kembali dan melengkapi semua informasi yang dibutuhkan. Pastikan bahwa semua informasi yang Anda berikan akurat dan terbaru. Juga, pastikan untuk mengecek tata bahasa, ejaan, dan tampilan lamaran kerja Anda. Kesalahan kecil dapat memberikan kesan buruk kepada perekrut dan mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

7. Menyertakan Surat Pengantar

Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan surat pengantar sebagai bagian dari lamaran kerja Anda. Surat pengantar memberikan kesempatan kepada Anda untuk menjelaskan secara lebih rinci mengapa Anda tertarik pada posisi tersebut dan apa yang membuat Anda cocok untuk posisi tersebut. Pastikan untuk menulis surat pengantar yang singkat, jelas, dan persuasif.

Kelebihan Cara Membuat Lamaran Kerja

1. Menonjolkan Keahlian dan Pengalaman yang Relevan

Dalam cara membuat lamaran kerja ini, Anda dapat menonjolkan keahlian dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda untuk dipertimbangkan oleh perusahaan.

2. Format yang Mudah Dipahami oleh Perekrut

Dengan menggunakan format surat lamaran kerja dan CV yang umum, Anda memudahkan perekrut dalam membaca dan memahami informasi yang Anda berikan. Ini penting untuk memberikan kesan yang baik kepada perekrut.

Berita Terkait :  Cara Mudah Mengurus Kartu Indonesia Pintar untuk Siswa

3. Menyesuaikan Lamaran dengan Kebutuhan Perusahaan

Dalam cara membuat lamaran kerja, Anda diajarkan untuk menyesuaikan lamaran kerja dengan kebutuhan perusahaan. Dengan menyesuaikan lamaran kerja, Anda menunjukkan bahwa Anda serius dan berkomitmen untuk posisi tersebut.

4. Memeriksa Kembali dan Melengkapi Informasi

Dalam cara membuat lamaran kerja ini, Anda diajarkan untuk memeriksa kembali dan melengkapi semua informasi yang diperlukan. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa lamaran kerja Anda lengkap dan akurat.

5. Menyertakan Surat Pengantar yang Singkat dan Jelas

Dalam cara membuat lamaran kerja, Anda diajarkan untuk menyertakan surat pengantar yang singkat dan jelas. Surat pengantar memberikan kesempatan kepada Anda untuk menjelaskan mengapa Anda tertarik pada posisi tersebut dan apa yang membuat Anda cocok untuk posisi tersebut.

6. Meningkatkan Peluang untuk Mendapatkan Pekerjaan

Dengan mengikuti cara membuat lamaran kerja yang baik dan efektif, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Lamaran kerja yang baik akan memberikan kesan yang baik kepada perekrut dan membuat Anda menjadi calon yang menarik.

7. Mengarahkan Perhatian ke Keahlian dan Pengalaman Anda

Langkah-langkah dalam cara membuat lamaran kerja ini akan membantu Anda mengarahkan perhatian perekrut ke keahlian dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda untuk dipertimbangkan.

Informasi Penjelasan
Nama lengkap Isi dengan nama lengkap Anda
Alamat Isi dengan alamat lengkap Anda
Pendidikan Isi dengan riwayat pendidikan Anda
Pengalaman Kerja Isi dengan riwayat pengalaman kerja Anda
Keahlian Isi dengan keahlian yang Anda miliki
Sertifikasi Isi dengan sertifikasi yang Anda miliki
Referensi Isi dengan referensi yang dapat dihubungi

FAQ

1. Apakah saya harus mencantumkan semua keahlian dan pengalaman saya dalam lamaran kerja?

Tidak, Anda hanya perlu mencantumkan keahlian dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

2. Berapa lama lamaran kerja sebaiknya?

Lamaran kerja sebaiknya tidak terlalu panjang, tetapi mampu menjelaskan dengan jelas keahlian dan pengalaman Anda.

3. Apa bedanya surat lamaran kerja dan CV?

Surat lamaran kerja digunakan untuk mengekspresikan niat Anda melamar pekerjaan, sementara CV berisi informasi lebih lengkap tentang keahlian dan pengalaman Anda.

4. Apa yang harus saya cantumkan dalam surat pengantar?

Dalam surat pengantar, Anda harus menjelaskan mengapa Anda tertarik pada posisi tersebut dan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.

5. Apakah saya harus menyesuaikan lamaran kerja untuk setiap posisi yang saya lamar?

Ya, menyesuaikan lamaran kerja dengan posisi yang Anda lamar adalah penting untuk menunjukkan bahwa Anda memahami apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

6. Bagaimana cara memeriksa kembali lamaran kerja?

Untuk memeriksa kembali lamaran kerja Anda, periksa tata bahasa, ejaan, dan pastikan semua informasi yang Anda berikan akurat dan terbaru.

7. Apa yang harus saya lakukan jika terdapat kesalahan dalam lamaran kerja yang sudah dikirimkan?

Jika terdapat kesalahan dalam lamaran kerja yang sudah dikirimkan, segera hubungi perusahaan dan beri tahu mereka tentang kesalahan tersebut.

Bagikan:

Tags